Argument Ketidaktahuan

Jadi ceritanya hari rabu kemarin ( 26/04/17) saya beserta guru matematika sma se-bogor melakukan kunjungan ke UPI Bandung dengan menggunakan 1 bus besar. Kami ada kuliah singkat dengan Prof Tatang. Topik yang beliau sampaikan tentang Pembelajaran Matematika yang efektif ( Bukan, bukan ini yang mau saya ceritakan). Kuliah selesai jam 13:00, kami lalu melanjutkan perjalan ke cihampelas. Gak usah ditanya ngapain ke cihampelas yach 🙂 . Pukul 17:30, barulah kami melanjutkan perjalan pulang ke Bogor. Di tengah perjalan pulang terjadi kehebohan kecil, heboh dengan foto berikut

ciwalk

Klik Gambar untuk memperjelas

Foto di atas diambil di Ciwalk, 2 ibu yang ada di foto adalah peserta rombongan dengan kata lain guru matematika. Nah.. yang bikin heboh adalah sosok hitam tidak jelas di kanan foto.

Menurutmu siapa / apa sosok hitam tidak jelas tersebut?

Beberapa guru matematika berpikiran itu hantu, bahkan ada yang amat yakin itu jin. Jujur saat itu saya sangat kecewa ada guru matematika yang tugasnya mengasah nalar siswa bisa menarik kesimpulan sedangkal itu. Karena hal tersebut adalah kesalahan berpikir yang disebut Argument dari  ketidaktahuan ( Argument from Ignorance)

Mungkin sudah watak manusia yang ingin selalu memiliki jawaban atas segala hal. Kami tidak tahu siapa sosok hitam tidak jelas di foto lalu ada yang memberikan jawaban bahwa sosok tersebut adalah hantu/jin/demit dan tidak ada yang membantahnya maka jawaban tersebut diterima.

Bentuk umum Argument dari  ketidaktahuan

X itu benar karena kamu tidak bisa membuktikan X salah

X itu salah karena kamu tidak bisa membuktikan X benar

atau

Anda tidak tahu apa itu X maka kami tahu

Karena kami guru matematika bukan fotografer jadinya tidak ada yang bisa membantah jawaban bahwa itu Jin. Saya yakin pembaca di sini yang mengerti fotografi bisa menjelaskan sosok hitam tidak jelas pada foto di atas.

Advertisements

About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in Logika and tagged , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Argument Ketidaktahuan

  1. defantri says:

    saya juga tidak bsa menjelaskan sosok hitam itu apa pak Aria 🙂

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s