Bumi itu datar, ah yang benar??

Pada tanggal 4 Juli kemarin, NASA mengumumkan bahwa wahana angkasanya yang bernama JUNO berhasil memasuki orbit jupiter, setelah menempuh perjalan lebih dari 2,8 Miliar Km selama 5 tahun. Luar biasa bukan? Meskipun sekarang sains sudah bisa jalan-jalan ke Jupiter tetapi masih ada lho orang-orang yang berkeyakinan bumi itu datar. Flat Earther yaitu orang-orang yang meyakini bahwa bumi itu datar ternyata ada komunitasnya di Indonesia. Di FB beberapa teman saya membagikan blog Flat Earther Indonesia. Di Blog tersebut tersedia 6 Video berbahasa Indonesia yang menjelaskan keyakinan mereka, bumi itu datar.

Awalnya saya berniat mengkritisi ke-6 video tersebut tetapi menonton video pertama saja sudah cukup membuat saya mual dengan omong kosong mereka.

Flat Earth 01: BANGKITNYA KESADARAN

Di sekitar menit ke-5, mereka menyinggung tentang azimuthal equidistant projection, menurut mereka, peta bumi datar adalah dasar pembuatan Globe melalui proyeksi matematis azimuthal equidistant. Kebalik kangmas, justru azimuthal equidistant projection adalah cara matematis mengubah permukaan bola ke bentuk datar.

480px-Azimuthal_equidistant_projection_SW

Sumber: Wikipedia

Menurut mereka, gambar di atas adalah wujud bumi sebenarnya, berbentuk cakram dengan kutub utara sebagai titik pusatnya. Keliru itu adalah azimuthal equidistant projection pada kutub utara. Dalam bahasa sederhana itu adalah gambaran permukaan bola bumi pada bidang datar dengan menjadikan kutub utara sebagai titik pusatnya.

Jika kutub utara adalah titik pusat dari bumi datar maka menurut mereka kutub selatan yaitu antartika adalah batas bumi datar, antartika adalah tembok es yang mengililingi bumi datar. Menurut mereka mustahil melakukan penerbangan melintasi antartika karena antartika itu tembok es raksasa. Padahal adalah lho penerbangan yang melintasi kutub selatan. Berikut adalah video penerbangan komersil, Qantas Airways dari Sydney Australia ke Johanesburg, Afrika selatan melintasi kutub selatan.

Di Wikipedia ada artikel berjudul polar route yaitu penerbangan-penerbangan yang melintasi kutub. Penerbangan melintasi kutub memang tidak bisa dilakukan setiap saat tergantung faktor cuaca. Kita tahu cuaca di kutub bisa sangat ekstrim, suhu disana bisa -40°C itu bisa membekukan mesin jet.

Jadi klaim mereka bahwa kutub selatan tidak bisa dilintasi runtuh sudah. Nah.. ternyata mereka membawa-bawa teori konspirasi. Menurut mereka kita tidak tahu keberadaan tembok es yang jadi batas bumi datar karena tembok es tersebut dijaga ketat oleh pasukan Amerika, sekutu dan rusia. Huff.. jika bumi ini datar dengan kutub utara sebagai titik tengah dan tepinya adalah kutub selatan itu berarti jari-jari bumi datar  = Jarak kutub Utara – kutub selatan = 20.000 km (sumber) maka keliling tembok es adalah

2π × 20.000 = 125.663 km

Jadi ada tembok es besar yang teramat panjang lebih dari 120.000 Km tetapi kita tidak tahu karena tembok es tersebut dijaga ketat pasukan militer. Should i believe that?

Mereka juga menjelaskan bahwa matahari tidak besar-besar amat. Matahari dan  Bulan memiliki ukuran yang sama kurang lebih diameternya 50 km.

Baiklah cukup sudah omong kosongnya. Saya beranggapan para Flat Earther berusaha memahami alam berdasarkan pengalaman pribadinya. Pengalaman pribadinya mengatakan bumi itu datar, saya tidak bisa melihat kelengkungan bumi tuch, mengatakan bulan dan matahari mempunyai ukuran yang sama, coba lihat aja ke langit. Ketika sains mengatakan hal yang berbeda dari pengalaman pribadi, banyak orang yang sulit menerimanya. Padahal pengalaman pribadi tidak bisa dijadikan patokan karena pengalaman pribadi bersifat subjektif. Oleh karena itu sains berbahasa matematika karena matematika terbebas dari pengalaman pribadi.

Dalam sains, sesuatu dikatakan ada / eksis bukan berarti sesuatu itu bisa dilihat, dirasa atau diterima indera melainkan bisa diukur. Kita tidak bisa melihat atau merasakan gelombang radio tetapi kita bisa mengukurnya. Kita bisa mengukur panjang atau frekuensi dari gelombang radio. Para Flat Earther mengatakan bahwa foto bumi dari luar angkasa yang memperlihatkan bumi bulat itu semua hoaks. Kita menerima bahwa bumi itu bulat bukan karena ada foto yang menujukkan hal tersebut tetapi ada metode mengukur kebulatan bumi (jari-jari Bumi). Apakah ada metode mengukur ketebalan dari bumi datar? Flat Earther sendiri mengakui mereka tidak punya metode mengukur ketebalan dari bumi datar. Itulah ciri utama Pseudo-Science, tidak ada metode  pengukuran.

(Update: 14/7/2016)

Apa itu Pseudo-Science?

Secara harfiah artinya Sains palsu atau semu. Seolah-olah sains padahal sebenarnya hanyalah omong belaka.

Ciri- Ciri Pseudo-Science

  • Pemahaman yang keliru

Di atas sudah saya sebutkan, Flat earther keliru memahami azimuthal equidistant projection (Mungkin di lain kesempatan saya akan membahas hal ini).

  • Tidak ada bahasa Matematis

Di atas saya berkata ciri utama Pseudo-Science, tidak ada metode  pengukuran. Dengan kata lain tidak ada bahasa matematis. Semua teori sains ditulis dalam bahasa matematis. Contoh: Hukum Newton, Hukum Termodinamika, Teori Relavitas atau Teori Quantum itu semua ditulis dalam bahasa matematis. Apa Teori Bumi datar tertulis dalam bahasa matematis?

  • Taklid Buta

Para Flat Earther begitu kritis, begitu skeptik terhadap teori Bumi bulat tetapi mereka taklid buta terhadap teori Bumi datar, seharusnya mereka bersikap kritis juga sama teori bumi datar. Mereka meragukan, mempertanyakan keaslian foto-foto Bumi dari luar angkasa. Mereka berpikir kritis bisa jadi semua foto bumi dari luar angkasa adalah rekayasa digital tetapi di sisi lain mereka menerima begitu saja teori Bumi datar padahal tidak ada foto yang memperlihatkan bumi datar secara utuh. Di Jaman sekarang kan NO PIC = HOAKS

  • Bersikap tidak Acuh (Ignorance)

Para Flat Earther mengajukan pertanyaan-pertanyaan terhadap teori bumi bulat tapi entah mengapa mereka bersikap tidak acuh tidak mau mencari jawabannya, padahal mbah Google bisa menjawabnya.

Di Kolom komentar, ada Flat Earther yang berkata

Meteor dan komet yg gede aja hancur dan terbakar ktk melewati atmosfer .. gimana lg ceritanya roket bs lewat..hehe apalg mau balik lagi..

Padahal sudah ada penjelasannya

Para Flat Earther sibuk menyerang Teori Bumi Bulat, mereka berpikir jika Teori Bumi Bulat runtuh maka dengan sendirinya itu membuktikan Teori bumi datar. Sekalipun teori bumi bulat runtuh itu sama sekali tidak membuktikan bumi datar, mungkin saja bumi bentuknya kotak. Untuk membuktikan kita putih bukan dengan cara menujuk mereka hitam

***

Kesimpulannya adalah Teori Bumi datar adalah Pseudo-Science belaka

Lanjutan:

  1. Biruni mengukur bumi
  2. Bagaimana cara membantah bumi itu bulat

Advertisements

About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in dll and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

356 Responses to Bumi itu datar, ah yang benar??

  1. opx arr says:

    Pertama ane gak mengiyakan kalo bumi itu bulat, ane juga tidak mengiyakan kalo bumi itu datar, ane cuman orang awam yang penasaran, jadi ane nyari-nyari data-data dari penelitian yang sudah ada, wikipedia emang ada benarnya, cuman wikipedia itu bukan perpustakaan, siapa saja boleh mengubah isi artikel, jika anda pernah membuat karya tulis ilmiah maka pasti tau kalau tidak boleh menggunakan sumber tersebut karena kurang kredibel. setelah ane nyari referensi dan browsing sana sini selama beberapa hari intinya begini:
    para GE percaya bumi itu bulat karena apa? karena diajarkan sejak kecil, karena lihat di film-film, karena lihat globe, karena ada penerbangan keliling dunia, karena bulan itu juga bulat, karena difoto dari bulan itu bentuknya bulat, karena percaya aja, karena ada NASA, karena ada neil amstrong, karena ada satelit, dan itu semua memang benar soalnya ane sendiri juga begitu, kebanyakan dari temen ane juga gitu.
    sedangkan para FE percaya dengan bumi datar karena apa? karena apa yang mereka lihat sehari-hari, karena sinar laser tetap mengenai sasaran setelah ditembakan sejauh 4 mil (seharusnya tidak terjadi jika bumi bulat, karena terkena lengkungan bumi), karena tidak ada penerbangan mengelilingi dunia melewati antartika ( misal australia-antartika-amerika selatan, jadi penerbangan melintasi bukan lewat pinggiran seperti video diatas), karena horizon yang kita lihat itu flat bahkan ditempat paling datar di bumi dan dan tetap flat setelah direkam dengan kamera dari ketinggian 33km, karena penerbangan neil amstrong kebulan terbukti banyak sekali kejanggalan.

    jangan lupa juga ada yang namanya empiris, empiris adalah ilmu pengetahuan yang di dasarkan pada observasi kenyataan akal sehat,serta hasilnya tidak spekulatif. misalkan : mawar itu merah, melati itu putih, pelangi itu melengkung dan warna warni. Untuk perbandingan, teoritis adalah pikiran atau pola pikir yang mendasarkan semuanya dari teori dan angka-angka yang ada sebagai landasan tindakannya. misalkan : teori relativitas einstein, teori gravitasi newton, teori bigbang, dll
    sekali lagi ane bukan FE maupun GE, ane cuman orang awam yang penasaran, ane cuman orang yang tertarik dengan topik ini.
    GE belum sepenuhnya teruji kebenarannya dan FE juga tidak sepenuhnya argumen yang ngawur, karena dari pemaparan mereka juga melibatkan banyak sumber yang terpercaya.
    memang benar, kita jangan hanya melihat dari satu sumber, buat yang FE jangan segan-segan melihat video dan penelitian GE, begitu pula sebaliknya yang GE jangan segan-segan melihat video dan penelitian FE, (lihat semua video sampe tuntas, jangan seperti TS yang hanya melihat satu video FE udah koar-koar, jika seperti ini siapa yang taklid buta dan bersikap acuh?)
    dan satu lagi jika GE terbukti tidak benar, maka FE juga belum tentu menjadi benar.
    fenomena ini hanya mengajarkan kita untuk bersifat kritis terhadap informasi yang masuk, jangan dtelan mentah-mentah. mengajarkan kita untuk lebih kritis tentang teori dan sistem yang ada sekarang.
    Wallahu a’lam bishawab..

  2. Just_Dayz says:

    Supaya tidak terjadi perdebatan lagi kalau bumi itu bundar, seharusnya ada pihak yang mengklarifikasi, bisa saja NASA membuktikan penerbangan melintasi kutub selayan sehingga sampai ke kutub utara. Kalau memang NASA gak bisa membuktikan. Berarti bumi memang benar datar. Gampang kan 😛

    • Aria Turns says:

      Misalkan saya berkata

      Di Planet Jupiter ada pangkalan militer Allien, yanng siap menyerang bumi

      Berdasarkan logikamu, Kalau memang NASA gak bisa membuktikan apa yang saya katakan keliru. Berarti memang benar ada pangkalan militer alien di Jupiter. Gampang kan😛
      Itu kesalahan logika yang disebut Argument from ignorance
      https://en.wikipedia.org/wiki/Argument_from_ignorance

      • Just_Dayz says:

        Kenapa bukan anda saja yg membuktikan? Kenapa harus NASA?
        kecuali pada video di atas, NASA yg di pojokkan. Jadi mereka perlu klarifikasi.

        • Aria Turns says:

          Burden of Proof (beban pembuktian) berada di pembuat pernyataan. Jika si fulan menyatakan saya mencuri ayam, apakah saya harus klarifikasi? Tidak harus justru si Fulan sendiri lah yang membukttikan saya benar2 mencuri ayam.
          Jika Flath Earther percaya kutub selatan mustahil dilintasi maka mereka sendiri yang wajib membuktikan keyakinannya tersebut, Ngapain harus pihak lain seperti NASA yang harus membuktikannya

  3. Arie Nasrori Prastiyo says:

    Gw baru aja nontin sampe episode 5.
    Gw bukan anak ipa, bukan ahli fisika, bukan ahli astronom dan bukan ahli sejenisnya.
    Gw ga bilang bumi itu datar dan ga bilang jg bumi itu bulat. Yg gw cm mau tau kenapa ya antartika dilarang dan dijaga militer? Bukan kah itu freeland? Lalu kenapa ya ga ada penerbangan yg boleh melintas daru utara ke selatan hingga sampai utara lagi.

    Penasaran jg apa benar seperti yg FES bilang. Teknologi sudah semakin canggih. Bila pesawat aja ada yg udah melakukan perjalanan 2.8 milyar KM, knp ga ada pesawat yg bisa atau boleh melintasi antartika?

    Sorry, gw bukan pendukung bumi datar maupun pendukung bumi bulat. Gw cm penasaran aja apa emank ada kehidupan di balik antartika seperti yg FES bilang. Atau apakah pesawat itu akan kembali di utara lagi karena bumi bulat? Tolong buktikan NASA….!!!

    FES yakin bumi datar, tapi FES jg meminta agar hal ini dibuktikan bila ternyata mereka salah. Bila memang pesawat kembali di utara lagi, mungkin itu bs menjawab kebenaran / kebohongan yg sebenarnya. Apakah memang ada kehidupan lain di luar antartika yg berarti bumi datar. Atau apakah pesaeat kembali ke utara lagi yg membultikan bumi itu bulat… Tolong NASA jangan ada yg ditutup2i.

  4. Mimus_D says:

    🙂 kalau memang bumi datar. Kenapa ya matahari tenggelam di barat?, dan terbit di timur?

    Kalau pernah kepantai pasti pernah lihat matahari terbenam kan?

  5. yem says:

    setelah saya liat video para flat earther, awalnya saya jg langsung percaya kalo ternyata kita semua dibohongi NASA dan bentuk bumi emang datar. di video flat earth banyak menyatakan bahwa langit tidak bisa ditembus, tp ada cuplikan video hasil dr kamera yg dipasang di balon udara dan balon udara itu melayang di atas langit yg permukaannya semua datar, nah katanya gak bisa ditembus. eh tp gatau jg sih, ilmu saya jg masih dangkal. ohya, saya jg sempat cari-cari mengenai bumi di Al-qur’an. dan di Al-qur’an banyak menuliskan bahwa bumi itu terhamparkan, dan ada ayat yg menyatakan kalo langit gak bakal bisa ditembus. tp sekali lagi maaf, mgkn yg ilmunya lebih tinggi bisa sharing dan bantu saya dr kebingungann ini hehe
    coba cek surat Al-isra’ ayat 37, Al-kahf ayat 94, dan banyak lagiii

  6. Bumi itu datar. Jelas datar. Terhampar. Dan kutub utara hanyalah secuil wilayah dan sebagai sumbu (pusat) elektromagnetik. Berbicara gravitasi, anda harus paham antara ruang, massa benda, dan daya tarik alami. Jika masa benda lebih ringan, jatuhnya akan lebih lamaaaaa…. tapi akan tetap jatuh juga. Saya yakin Bumi adalah Datar sesuai al qur’an. Dan saya yakin, bahwa ILUMINATi memang ada, dan berusaha membodohkan manusia sejak 120 tahun lebih. Bumi bulat adalah hoax yang di balut sains semu. Bumi ini datar, sudah pasti datar. Dan sesungguhnya,bintang2 dilangit hanyalah bebatuan dan bongkahan bahkan debu angkasa yang blm terjangkau. Mengenai gambar Mars, itu hoax saja, bisa bikin di studio mana saja. Namanya juga nasa, elu di tipu Nasa juga percaya saja. Jika elu waras, maka Percayalah Bumi memang datar, dan Nasa memang harus di bangkrutkan. Karena penelitian antariksa hanya cara si yahudi dan segelintir kelompok untuk memeras uang dan kekayaan alam bangsa lain..!! Kami 1000% yakin, bahwa bumi memang Datar. Orang yang bisa menembus antartika, barulah dia manusia pilihan, yang mampu menyaksikan alam Jin (alien)/UFO. Gak perlu berkhayal manusia mendarat di bulan, krn semua pendaratan di bulan hanya hoax.hoax dan hoax yang di lengkapi dg visual rekayasa. Demi pembodohan dan demi memiskinkan semua bangsa2 yang kaya sumber daya alam..!! Yakinlah, bumi datar, kejatuhan dollar sudah Dekat.!!

    • Reno says:

      Selain bisa mengarang tulisan bisa mengarang apa lg pak? Wkwkw

    • ivan says:

      Iya ngarti.. Saya jg islam..saya jg percaya semua yg ada di dalam Al-qur’an..
      Tapi jika teori bumi bulat sudah anda kalahkan, dan jika semua umat manusia sudah tertuju akan percaya pada anda dan komunitas anda..Misalkan semua umat manusia sudah ada di depan anda, Apakah yang akan anda buktikan kepada semua umat manusia untuk menunjukkan bumi itu datar??

      Apakah Foto/gambar yg menunjukkan kalau bumi datar itu ada??,
      Apakah perhitungan matematis yg menunjukkan bumi datar itu ada??,,

      Atau bumi datar itu hanya persepsi anda yg menghubung2kan dari Kitab suci dan hal2 lainnya?

  7. vladimir Hassan says:

    Bumi itu datar. Terhampar. Dan kutub utara hanyalah secuil wilayah dan sebagai sumbu (pusat) elektromagnetik. Berbicara gravitasi, anda harus paham antara ruang, massa benda, dan daya tarik alami. Jika masa benda lebih ringan, jatuhnya akan lebih lamaaaaa…. tapi akan tetap jatuh juga. Saya yakin Bumi adalah Datar sesuai al qur’an. Dan saya yakin, bahwa ILUMINATi memang ada, dan berusaha membodohkan manusia sejak 120 tahun lebih. Bumi bulat adalah hoax yang di balut sains semu. Bumi ini datar, sudah pasti datar. Dan sesungguhnya,bintang2 dilangit hanyalah bebatuan dan bongkahan bahkan debu angkasa yang blm terjangkau. Mengenai gambar Mars, itu hoax saja, bisa bikin di studio mana saja. Namanya juga nasa, elu di tipu Nasa juga percaya saja. Jika elu waras, maka Percayalah Bumi memang datar, dan Nasa memang harus di bangkrutkan. Karena penelitian antariksa hanya cara si yahudi dan segelintir kelompok untuk memeras uang dan kekayaan alam bangsa lain..!! Kami 1000% yakin, bahwa bumi memang Datar. Orang yang bisa menembus antartika, barulah dia manusia pilihan, yang mampu menyaksikan alam Jin (alien)/UFO. Gak perlu berkhayal manusia mendarat di bulan, krn semua pendaratan di bulan hanya hoax.hoax dan hoax yang di lengkapi dg visual rekayasa. Demi pembodohan dan demi memiskinkan semua bangsa2 yang kaya sumber daya alam..!! Yakinlah, bumi datar, kejatuhan dollar sudah Dekat.!!

  8. Mimus_D says:

    Setelah saya lihat videonya saya bertanya-tanya apa benar demikian tidak ada bukti yang mengarah bumi ini bulat secara logis dan sains. Dan ternyata banyak ilmu yang saya dapat dari rasa ingin tau saya.

    Pertama : apa foto bumi bulat adalah CGI?
    Jawab : memang benar CGI dikarenakan satelite sedemikian kecilnya harus memfoto berulang kali lalu di satukan gambarnya dengan teknologi yang ada.

    Kedua : apa benar rasi bintang tidak berubah tempat?
    Jawab : tidak benar, karena setiap bintang pun bergerak bahkan dengan kecepatan yang tinggi. Namun dengan jarak yang begitu jauhnya dari galaksi kita. Akan sulit melihat pergerakan bintang tanpa bantuan teknologi yang ada saat ini. Peralatan yang dirancang untuk hal tersebut.

    Ketiga : kenapa roket tidak pernah terbang vertikal.
    Jawab : jika memahami rotasi bumi. Maka ketika roket diterbangkan vertikal akan tampak berbelok horizontal akibat rotasi bumi.

    Ke empat : apa benar gravitasi hanyalah mitos? Bagaimana anggapan mengenai apel jatuh karena beda masa jenis?
    Jawab : percobaan mengenai bola bowling dengan sehelai bulu yang dijatuhkan pada ruang hampa yang jatuh bersamaan dengan percepatan yang sama membuktikan bahwa gravitasi bukanlah mitos. Bila gravitasi dibandingkan dengan hukum kekekalan, elegtromagnetis itu jelas beda. Di alam ini terdapat banyak sekali fenomena alam, yang sejatinya membuktikan bahwa bumi, dan tata surya diatur sedemikian rupa sempurna oleh sang Maha Pencipta.

    Kelima : mengapa satelite yang banyak di luar angkasa tidak terlihat?
    Jawab : begitu banyaknya satelite yang berukuran sangat kecil daripada bumi membuat wilayah terdapatnya satu satelite akan sangat luas. Dan kenapa lebih mudah mengamati planet daripada satelite pun dikarenakan memang ukuran satelite ini sangat kecil dibanding planet dan bahkan bintang.

    Keenam : apa benar metode yang digunakan flat earter dengan melihat kapal dengan jauh menggunakan teleskop akan tetap utuh.
    Jawab : ternyata hal ini pun tidaklah benar. Yang benar kapal terlihat tidak utuh yang membuktikan terdapat garis kelengkungan bumi.

    Para flat earter yang jadi flat earter karena baru lihat 10 video saja atau lebih. Carilah pembanding yang benar. Janganlah langsung percaya. Cari kebenarannya apa benar demikian yang dikatakan dalam video tersebut. Cobalah membuka mata. Dan pikiran kalian.

    Berpikirlah kembali.

  9. Nicholas Tesla says:

    Coba liat peta bumi bulat di Google awannya itu copy paste ,dan ada yang tau orang udah jelajah Antartika itu semua beneran atau film yang di buat sama penduduk 1% itu ??
    Semua hanyalah di bohongin setan yang di balik organisasi ILUMINATI !!!

    Kalian yang tetap kekeh bahwa bumi itu bulat ,buktikan saja ke Antartika jelajahi
    Dan coba suruh Amerika meluncurkan nuklis ke bumi apa sampai menembusnya?????
    JAWABANNYA TIDAK AKAN TEMBUS

    karena itu adalah rahasia ALLAH SWT

    Saya hanya meminta Anda yang percaya peta bumi bulat ,liat foto fotonya yang jelas . Apa itu benar foto kamera asli atau cuma buatan CGI!!!
    Dengan jelas jangan di tipu daya oleh syetan ILUMINATI

  10. Nunggu kebenaran says:

    saya pernah denger videonya tentang orang yang pernah menjelajah antartika 5 kali. lupa namanya. katanya di luar antartika ada sumber daya minyak, batubara, kemungkinan uranium. dan dia mengatakan ada benua yang mirip amerika di luar antartika. dan mengatakan lagi waspada terhadap ancaman angkasa dari luar antartika. 🙂 dan apakah itu benar saya juga tidak tahu. tapi orang itu pernah menjelajahinya

  11. Nunggu kebenaran says:

    asik ni debatnya

  12. Sugi says:


    Video dari ISS, apakah CGI? Eits nanti dulu, apakah anda yang menilai itu CGI adalah ahli telematika? klo tidak ya diam saja, tanya ke ahlinya jangan asal jeplak…

    • Sugi says:

      Tambahan lagi, jika masih ada yang tidak percaya dengan satelit,
      Bagaimana telepon satelit itu bekerja? Bagaimana GPS (Garmin dll) itu bekerja?
      Klo yang menjawab melalui tower, anda salah besar, saya 10 tahun kerja di industri telekomunikasi, selama saya bekerja saya tidak pernah mendengar provider telepon satelit ataupun GPS punya tower.
      sebagai contoh ya, telepon GSM memakai frekuensi 900mhz, 1800mhz dan 2100mhz, untuk mendapatkan sinyal maksimal jarak anda dengan tower kurang lebih 7-9km, semakin jauh semakin jelek tentunya, karena apa? karena banyak penghalang yang membuat kualitas sinyal semakin jelek (pohon, gedung, tembok dll)
      dan telpon satelit menggunakan frekuensi dikisaran 1500mhz, anda bisa mendapatkan sinyal di tempat terbuka, karena dari langit sampai ke bumi tidak ada penghalang dan jika anda masuk ke dalam rumah atau gedung? ga dapet, sinyal akan hilang. klo masih berfikir pakai tower, silahkan cek apakah ada tower provider satelit dikota anda? cara mengeceknya gampang, cek ke kecamatan, adakah yang mengurus IMB untuk bangunan tower telepon satelit?
      masih ga percaya juga? semua frekuensi yang terpakai harus ada izinnya, silahkan tanyakan ke dirjen postel

    • wong bodo says:

      ribuan satelit yang di beli triliyunan itu mana ya ko ga ada di liat di luar jendela.oh iya lupa kan itu syuting…

  13. anonymous says:

    Kata mas
    Para Flat Earther begitu kritis, begitu skeptik terhadap teori Bumi bulat tetapi mereka taklid buta terhadap teori Bumi datar, seharusnya mereka bersikap kritis juga sama teori bumi datar. Mereka meragukan, mempertanyakan keaslian foto-foto Bumi dari luar angkasa. Mereka berpikir kritis bisa jadi semua foto bumi dari luar angkasa adalah rekayasa digital tetapi di sisi lain mereka menerima begitu saja teori Bumi datar padahal tidak ada foto yang memperlihatkan bumi datar secara utuh. Di Jaman sekarang kan NO PIC = HOAKS
    Makanya mas flat earther gak percaya ada benda yg bisa nembus langit, mau motoin bumi itu datar gimana klo gak ada objek yg bisa terbang melewati langit?

  14. miawmiaww says:

    coba deh mas tonton tuh video ampe akhir. bumi datar lebih masuk akal daripada bumi bulat.

  15. iprascip says:

    Kalo bumi itu bulat pasti iklim di pusat kutup utara dan selatan kurang lebih sama. Apakah ada orang yang pernah berada di pusat kutup selatan? Dan apakah kutub utara juga terdapat gunung es yang membentang luas?
    Dan 1 lagi, allah menciptakan langit sebagai atap yang kokoh. Apakah ada ciptaan manusia yang melebihi kekokohan sang pencipta?
    Maaf klo ada perkataan yang salah, saya hanya menafsirkan arti dalam al qur’an semampunya pemikiran saya

  16. Sony pratya says:

    Mantaap pak artikelnya, jadi semakin yakin klo bumi itu datar. BUKAN BULAT😅😅😅

  17. sunarno says:

    kalau bumi datar harusnya ada ujunganya? ujungnya berbentuk apa? Bulat? Kotak? Segitiga? Adakah yang pernah berada di ung dunia?

    • Arie Nasrori Prastiyo says:

      Belum ada yang tau… Karena belum ada yg bisa membuktikannya, Lebih tepatnya TIDAK ada yg boleh mebuktikannya. Karena antartika menjadi daerah terlarang. Ga boleh ada yg melintas termasuk pesawat…
      Klo emank ga ada yg ditutup2i, seharusnya NASA menerima tantangan FES untuk melintasi antartika. Misal pesawat melintasi antartika, apakah pesawat akan kembali ke utara lagi?

  18. Aji Wibowo says:

    Ada sebuah berita yang meberitakan bahwa penerbangan dari Bali-LA tiba” melakukan pendaratan darurat di Alaska. kalo kita menggunakan peta bumi bulat, tidak mungkin Bali-LA mendarat darurat di Alaska, buat apa jauh” ksna ..
    Tapi, klo menggunakan peta bumi datar, maka itu sangatla mungkin karena Bali-LA nyaris sejajar dan melewati alaska. maka wajar jika mendarat darurat di Alaska.

    Admiral Byrd, tentara AS yang melakukan perjalanan ke Antartika mengatakan bahwa “Ada wilayah sebesar USA yang belum pernah dilihat oleh manusia. Lokasinya melewati kutub .. Di BELAHAN LAIN Kutub Selatan” .. Lhoo, bukanya klo menurut peta bumi bulat disebelahnya Antartika kan yang benua” yang kita lihat .. kok Admiral Byrd blng Ada wilayah sebesar USA yang belum pernah dilihat oleh manusia. Lokasinya melewati kutub .. Di BELAHAN LAIN Kutub Selatan ..

    Dan saya percaya bahwa Bumi itu datar ..

  19. Hendra_banget says:

    ah yang bener manusia sudah pergi ke bulan? setelah Neil Amstrong ada? bahkan beliau (Neil Amstrong) berkata kita ga perlu lagi pergi ke bulan… (karena sudah pernah kesana?)

  20. Mario says:

    Mantaap pak artikelnya, jadi semakin yakin klo bumi itu datar. BUKAN BULAT

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s