Dua adalah satu-satunya prima genap

Kita tahu bilangan prima adalah bilangan yang hanya bisa dibagi oleh 1 dan bilangan itu sendiri. Bilangan prima dimulai dari: 2, 3, 5, 7 dst. Nah.. 2 adalah satu-satunya bilangan prima yang genap, tidak ada lagi bilangan prima yang genap selain 2. Dengan kata lain semua bilangan prima adalah ganjil kecuali 2

Nah… sekarang mari kita buktikan

Teorema: 2 adalah satu-satunya bilangan prima yang genap.

Bukti: Andaikan terdapat p yaitu bilangan prima genap selain 2. Karena p genap maka p habis dibagi 2, dengan kata lain terdapat bilangan bulat k sedemikian hingga p ÷  2 =k atau bisa juga ditulis p ÷  k =2. Tentu saja jelas k ≠ 1 (mengapa). Disimpulkan p mempunyai faktor selain 1 dan p yaitu k. Hal tersebut bertentangan dengan asumsi p adalah prima. Kontradiksi.

 

Advertisements

About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in pembuktian, Teori Bilangan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

15 Responses to Dua adalah satu-satunya prima genap

  1. Jocelin says:

    iya jg ya pak angka 2 emg satu”nya bilangan prima yg genap

  2. Patrick William says:

    MANTAP

  3. Michelle Regina says:

    wah saya jd baru sadar pak kalau 2 satu” nya bilangan prima yang genap.. buktinya keren pak haha

  4. Kezia theresia says:

    Iya bener Pak, tapi saya msh bingung

  5. sharon ladisa says:

    Iya juga sih pak, tapi kok saya bingung ya?

  6. stevany says:

    wah bikin bingung nih paaa yg ini hahaha

  7. stevany says:

    paaa tolong jelasin lebih detail lg dong soal yg ini hehe 😂

  8. Yosapril Darma says:

    Iya pak, bener juga. setujuu

  9. Michelle Kosasih says:

    Kalau di perhatikan iya juga ya. 😀

  10. Bener juga baru ngerti penjelasannya kenapa angka 2 satu” nya bil genap yg termasuk bil prima

  11. David kusuma says:

    Ooo baru nyadar cuma angka 2 yang merupakan prima yang genap

  12. justin wijaya says:

    cuman angka 2 yang habis dibagi sama angka itu sendiri di bilangan genap

  13. Alfonso Steven says:

    Memang bener kan angka 2 hanya satu-satunya angka genap dalam bilangan prima hehehe

  14. Yoga Danuarta says:

    Iya yakk.. cuma angka 2

  15. Nadhea Devi says:

    iya pak bener cmn 2 yang satu satunya prima hehe

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s