Pengalaman pertama ikut seleksi OSN-G

OSNG BogorSaya mau cerita kejadian hari ini, kamis 28 April 2014. Tadi pagi sekitar jam 6.45 di ruang guru, Guru Kimia, Pak Dede berkata kepada saya

“Hayuk pak, kita berangkat ke (SMA) PGRI 4”

“Hah.. ngapain?”

“Kan sekarang OSN”

Oh.. saya sama sekali lupa bawa hari ini saya mewakili sekolah untuk mengikuti seleksi OSN-G tingkat kota Bogor. Yup.. OSN-G kepanjangan dari Olimpiade Sains Nasional Guru, jadi sekarang gak hanya murid yang ikut olimpiade tapi Gurunya juga.

Berangkatlah saya ke PGRI 4 dengan setengah hati karena saya belum sarapan dan belum dapat uang bensin dari bendahara sekolah hehehe.. 😀 Sampailah saya di PGRI 4, ternyata sudah cukup banyak peserta (baca: Guru) yang sudah hadir. Sekitar jam 8 lewat, peserta disuruh ikut upacara pembukaan di Lapangan Basket, lebih tepat  dikatakan dijemur karena matahari sudah cukup terik. Haduh… birokrat gak berubah masih doyan upacara pembukaan yang gak jelas. Haloo.. revolusi mental, Pak Jokowi?

Jujur upacara pembukaan tersebut benar-benar membuat saya bad mood, panas cuy dijemur. Jam 9, upacara selesai, perserta dipersilahkan masuk ke ruang lomba, tentu saja saya masuk ke ruang Matematika.

Setelah semuanya masuk ke ruangan, pengawas membagikan lembar soal yang berisikan 20 soal esay. Soalnya seperti apa? Yach.. standard soal olimpiade tetapi ditulis secara berantakan.

osng

Gak pake Spasi

Sepertinya si pembuat soal hanya copas dari internet tanpa diedit lagi. Ada 1 hal lagi yg konyol awalnya kami disuruh menjawab di kertas buram. Yup.. kertas buram sebagai lembar jawaban meskipun kemudian diganti menjadi kertas hvs. Itu sudah cukup menujukkan dinas dikbud kota bogor sebagai panitia minim persiapan. Sebagai guru saya sering mengantar anak ikut lomba serupa yang diselengarakan oleh mahasiswa dan mereka mampu menyelengarakan lomba yang JAUH LEBIH BAIK dibanding ini, setidaknya peserta tidak dijemur terlebih dahulu.

Pukul 12 siang selesai dan pengumumannya bulan mei, entah tanggal berapa. Peserta yang memperoleh nilai terbaik akan mewakili bogor di bandung, di tingkat propinsi. Jujur saya gak berharap menang karena saya ogah-ogahan ngerjainnya.  Nah.. sekarang satu pertanyaan tersisa :

Ngapain sich ada olimpiade buat Guru?

Pas upacara pembukaan, panitia bilang tujuan OSN-G adalah untuk meningkatkan kualitas guru. Oh.. iya massa?? Menurut saya kalau tujuannya seperti itu seharusnya lomba metode pengajaran. Guru berlomba membuat metode pengajaran yg inovatif atau lomba membuat alat peraga. Itu lebih tepat sasaran daripada guru disuruh ngerjain soal.

Di sana, saya mendapat kenalan baru sesama guru, ya itu sisi positifnya tetapi kalau masih harus dijemur. Wah… saya ogah ikutan lagi 🙂

Advertisements

About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in dll and tagged , , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Pengalaman pertama ikut seleksi OSN-G

  1. bayupraharaa says:

    Biasanya tulisan gitu gara2 ngebuatnya di word 2007/2010 tapi dibukanya di word 2013/2016, n gk di convert dulu ke 2003 hha

  2. ystia ~Vita says:

    Setuju dengan anda.. Bagian awalnya saja saya sudah mbatin ngapain ada olimpiade segala..
    Semoga ke depannya para pembuat kebijakan bisa membuat program2 yg lebih tepat sasaran

  3. monz says:

    loba teuing protes tet,,, enjoy keun weh atuh.. mun meunang kan lumayan meunang piala

  4. defantri says:

    hahaaaa.. tapi pengalaman positifnya masih ada Pak aria ketemu teman satu profesi 🙂
    boleh minta tolong pak, semua soalnya di upload, ditunggu ya pak (y)

  5. kucing says:

    Menang kagak?

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s