Mengenal Matematika lebih dekat

mengenal matematika lebih dekatKali ini saya mau mereview buku karya sahabat saya sendiri Rully Charitas Indra Prahmana yang saat ini sedang menempuh S3 pendidikan matematika di UPI. Judul bukunya adalah Mengenal Matematika lebih dekat. Sebenarnya buku ini bukan 100% tulisannya karena buku ini adalah buku keroyokan ditulis oleh banyak orang lebih dari 30 orang menyumbangkan tulisannya  dan beliau adalah ketuanya.

Buku ini adalah buku sejarah matematika yang membahas perkembangan matematika di duni berikut tokoh-tokohnya. Buku ini tebalnya 206 halaman dan terbagi menjadi 5 bab.

Bab I: Sejarah Matematika

Bab pertama ini 100% ditulis oleh Rully. Dia menuliskan pengertian maematika dan penting mempelajari sejarah matematika. Sebagai guru matematika saya berpendapat seharusnya sejarah matematika masuk di kurikulum, dipelajari oleh anak sekolah. Dengan mempelajari sejarah matematika, siswa akan paham bahwa matematika tidak hanya berhitung tetapi merupakan bagian terpenting dari peradaban, seperti yang dikatakan Napoleon Bonaparte

The advancement and perfection of mathematics are intimately connected with the prosperity of the State

Bab II: Kelahiran Matematika

Di bab II di ceritakan perkembangan matematika di beberapa peradaban di didunia ini yaitu Mesir kuno, babilonia, India, Arab, China, eropa dan Amerika serikat. Sayang perkembangan Matematika di Bangsa Maya luput dari buku ini.

Bab III: Para Matematikawan Sejati

Bab ini membahas para Tokoh Matematika seperti: Al- Khawarizmi, Cauchy, Riemann, Leibiniz, Euler, Euclid dan lainnya. Yang saya suka, Ummar Khayam dibahas di Bab ini. Banyak orang yang mengenal Ummar Khayam sebagai penyair Arab padahal dia juga seorang Matematikawan besar.

Bab IV: Matematika itu Menyenangkan

Ini Bab favorit saya. Bab ini menjelaskan perkembangan matematika sebagai suatu Ilmu. Bagaimana matematika awalnya hanya berupa aritmatika. Bagaimana bangsa mesir kuno melakukan penjumlahan. Bagaimana bangsa India, arab, Yunani kuno seolah-olah bahu membahu mengembangkan Aljabar. Bagaimana simbol angka berkembang sampai seperti yang kita gunakan saat ini. Ada juga cerita tentang Newton dan Leibniz mengembangkan kalkulus dan cerita lainnya.

Bab V : Matematika di Rumah sendiri.

Bab ini membahas perkembangan matematika di Indonesia. Beberapa Matematikawan Indonesia dibahas di bab ini, seperti Sam Ratulangi, Prof Dr Moedomo, Prof Edy Baskoro, Prof Hendra Gunawan juga dibahas. Selain itu bab ini juga membahas IndoMS (Indonesia Mathematical Soeciety.

Kesimpulan:

Jelas mustahil merangkum sejarah matematika yang usianya sama dengan sejarah peradaban Manusia itu sendiri ke dalam buku yang hanya setebal 200 halaman. Akan tetapi setidaknya buku ini mampu memberi gambaran bahwa matematika erat kaitannya dengan peradaban manusia. Buku ini layak dikoleksi oleh orang-orang yang tertarik tentang sejarah Matematika.

Oya katanya buku ini sudah ada di Gramedia.

Advertisements

About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in Buku and tagged , , . Bookmark the permalink.

20 Responses to Mengenal Matematika lebih dekat

  1. Melisa Kurniawan says:

    wah.. ternyata matematika sangat menarik ya! terimakasih atas infonya

  2. Levina diva says:

    Sepertinya buku ini menarik, kita memang harus mengerahui sejarahnya terpebih dahulu sebelum belajar lebih jauh

  3. Will says:

    Paling suka sama konten bab II.

  4. David Herianto says:

    Wow cukup bermanfaat pak, mungkin sudah dijelaskan dari info ini mengenai sejarah dari matematika. Tetapi bagaimana cara penyebaran matematika?

  5. Janice de Poere says:

    wah menariknya, benar kita juga harus mengenal dan mendalami ttg sejarah matematika

  6. alvin darmawan says:

    kalo ada ebooknya kabarin ya pak biar bisa dibaca juga

  7. Sheren Amelia says:

    Bener pak harusnya gabelajar itung”an aja tapi belajar sejarahnya juga

  8. Dyvictory says:

    Ini sebabnya nggak boleh jadi orang-orang yang judgemental, ya. “Ah matematika susah”, “ah matematika buat apa sih”, “ah matematika blablablabla”, padahal kita belum mengenal lebih dekat si ilmu yang satu ini. Ibarat tak kenal maka tak sayang, pantes aja kadangkala agak jengah sama yang namanya matematika, tanpa tau apa sejarahnya. Boleh juga kapan-kapan dijadikan referensi mengajar nih pak, storytelling dikit supaya murid-murid paham betul sama pelajarannya. Hehehe…

  9. Teresa Mega Dajoh says:

    Kayanya bagus nih bukunya…kudu dibeli 😀

  10. Arvin Belva Farchan says:

    Benar pa, seharusny kita mempelajari sejarahnya juga

  11. velenkanisius says:

    Bukunya sepertinya menarik, pak. Saya setuju pendapat bapak jika dalam kurikulum kita sebaiknya matematika tidak hanya berhitung dan rumus saja, tetapi tidak ada salahnya jika ditambahkan sejarah perkembangan matematika beserta para tokoh-tokohnya, setidaknya diselipkan sedikit saja dalam pelajaran, agar kita juga tahu sejarah matematika, tidak hanya hitung dan rumusnya saja. Sesekali matematika campur sejarah asik juga, kan? xD

  12. Alexander Christian says:

    Kayanya seru ugha bukunya .-.

  13. Bener pa pembelajaran kita harus lebih dalam mengenal matematika, menurut saya lebih menarik jika menambahkan permainan di dalam pembelajaran agar tidak bosan

  14. Jeremy Sigumonrong says:

    Iya pa mengenal sejarah matematika itu harusnya ada di materi pelajaran biar kita mengetahui sejarahnya matematika, dan lebih dekat sehingga matematika jadi lebih menyenangkan

  15. M.iqbal.W says:

    Saran aja sih tapi bisa ga dibuat game jadi biar bisa belajar sambil bermain.

  16. Santai Saja says:

    Kalau ada versi ebooknya lebih enak nih, gak harus nunggu kirim barangnya kalau mau beli.

  17. hohok says:

    Ada versi ebook nya gak ?

  18. Saya sedang menunggu bukunya, mudah2an kalu sudah sampe, dan setelah baca bisa ngerasa lebih dekat sama matematika 🙂

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s