kesetimbangan Nash

Sumber: Wikipedia

Sumber: Wikipedia

Pada 23 mei kemarin, dunia dikejutkan dengan kabar meninggalnya Matematikawan Legenda sekaligus peraih nobel ekonomi tahun 1994. John Nash beserta sang Istri. Karena taksi yang mereka tumpangi mengalami kecelakan. Beberapa hari sebelum kecelakaan, Almarhum menerima penghargaan Abel salah satu peghargaan tertinggi di ranah Matematika.

Almarhum mulai dikenal dunia sejak kisah hidupnya diangkat ke layar lebar, berjudul A Beautiful Mind. Film ini meraih 4 penghargaan Oscar diantaranya film terbaik dan Sutradara Terbaik. Jika kamu belum nonton filmnya, wajib kamu tonton! Film peraih oscar tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Yang membedakan Almarhum dengan para Jenius peraih Nobel yang lain adalah dia mengidap Schizophrenia. Ya… dia gila, mungkin dia orang gila paling berprestrasi sepanjang sejarah peradaban manusia, mampu meraih Nobel.

Meskipun saya sudah cukup lama menonton filmnya tetapi baru beberapa hari yang lalu saya membaca papernya yang membuat dia diganjar Nobel Ekonomi tahun 1994. Judulnya Equilibrium Points in N-Person Games, percaya atau tidak papernya hanya memuat 317 kata. Beuuh… bahkan postingan ini lebih panjang. Mungkin hanya Jenius gila yang mampu menulis paper pendek 300an kata kemudian diganjar nobel. Kamu salah sangka jika berpikir papernya adalah papernya ekonomi, yang almarhum tulis murni matematika. Dalam papernya , almarhum memeperkenalkan konsep Kesetimbangan Nash (Nash Equilibrium).

Apa itu?

Dalam suatu permainan yaitu situasi / kondisi dimana orang-orang yang terlibat (disebut pemain) melakukan persaingan. Tentu saja para pemain pasti memiliki strategi untuk memenangkan persaingan atau  memperoleh hasil yang baik. Paper tersebut mengatakan apapun permainannya yang mempunyai strategi berhingga yang bisa dipilih para pemainnya maka akan selalu ada kesetimbangan Nash yaitu kondisi yang memaksa setiap pemain melakukan strategi tertentu, jika tidak maka akan mendapatkan hasil buruk.

kesetimbangan Nash ini ada dimana-mana, kita semua pernah mengalaminya. Dalam bahasa yang lebih sederhana, kesetimbangan Nash adalah kondisi dimana kamu mau-tidak mau, suka tidak suka harus melakukan X bukan karena ada yang memaksamu tetapi kamu tahu ada hal buruk yang akan terjadi jika kamu tidak melakukan X

Contohnya, kamu mau menonton film di bioskop ternyata antriannya panjang. Kamu bisa saja memilih untuk menyerobot antrian tetapi kosekuensinya kamu dimarahi orang-orang yang mengantri. Tentu saja hal paling rasional adalah mengikuti antrian. Contoh lainnya, Lampu lalu lintas berwarna merah, didepanmu kendaraan ramai lalu-lalang. Tentu kamu akan berhenti menunggu lampu hijau bukan karena takut ditilang polisi tetapi karena tahu menyerobot lampu merah bisa membuatmu masuk rumah sakit atau bahkan kuburan.

Meskipun Kestimbangan Nash murni matematik tetapi mempunyai aplikasi besar ke Ilmu ekonomi. Dengan itu kita mampu memahami perilaku ekonomi, kita mampu memahami pasar, memahami permintaan-penawaran. Nama John Nash lebih sering didengar Mahasiswa Ekonomi daripada nama-nama ekonom-ekonom sesungguhnya.

#RIP John Nash

Advertisements

About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in Teori Permainan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

One Response to kesetimbangan Nash

  1. baru dengar ada Kesetimbangan Nash (Nash Equilibrium), trimaksih Mas Aria sudah berbagi, coba saya gugling lagi untuk menambah pengetahuan tentang kesetimbangan ini 🙂

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s