Review Buku: Lingkaran

LingkaranJumat, 6 maret 2015, saya mendapatkan paket dari bandung dikirim oleh Prof Hendra Gunawan Guru Besar Matematika ITB. Isi paketnya adalah buku karya beliau yang baru saja terbit. Ini untuk pertama kalinya saya mendapatkan buku langsung dari penulisnya. Judul bukunya adalah:

Lingkaran

Menguak misteri bilangan π, bangun datar dan bangun ruang terkait dengan lingkaran.

Ya… buku matematika tetapi BUKAN buku pelajaran, BUKAN buku teks kuliah BUKAN pula buku kumpulan rumus atau soal. Kalau bukan itu semua lalu prof Hendra menuliskan buku matematika seperti apa? Saya menyebutnya buku dongeng Matematis, yaitu buku yang mendongengkan konsep-konsep matematis dengan bahasa sederhana. Jika kita melihat situs amazon.com sudah banyak buku-buku serupa tentunya berbahasa Inggris, sedangkan  buku dongeng matematis yang berbahasa Indonesia dan ditulis oleh orang Indonesia bukan sekedar terjemahan, sejauh yang saya tahu baru ada buku karya Prof Hendra ini. Dari judul bukunya sudah bisa terlihat konsep matematis apa yang didongengkan Prof Hendra. Tidak hanya menceritakan konsep matematis, prof Hendra juga menceritakan sejarahnya. Buku tersebut terbagi menjadi tiga bagian.

Bagian I: Bergelut dengan hantu lingkaran

Pada bagian pertama ini beliau menceritakan bagaimana para matematikawan Yunani kuno berusaha mencari rumus luas lingkaran. Diceritakan pula bagaimana para matematikawan terdahulu menghitung nilai π rasio keliling lingkaran dengan diameternya. Ketika SD kita diajarkan nilai  π adalah 22/7, waktu kuliah saya baru tahu itu hanya nilai taksiran hahha… Nah darimana nilai 22/7 diperoleh? Dijelaskan di bagian ini.

Bagian II: Mengenali lingkaran lebih jauh

Di bagian kedua, prof Hendra menjelaskan berapa banyak sisi dan sudut yang dimiliki lingkaran. Sebelum menjelaskan hal tersebut, beliau terlebih dahulu menjelaskan pengertian sisi dan sudut. Sekarang pengertian sisi dan sudut yang saya ajarkan kepada murid-murid saya adalah pengertian yang terdapat di buku tersebut. Selain itu dijelaskan pula sifat-sifat spesial pake telor dari lingkaran.

Bagian III : Menyambangi Bola dan kawan-kawan.

Di bagian terakhir ini, beliau membahas lingkaran di dimensi tiga yaitu Bola.  Bagaimana Archimedes memperoleh rumus volume bola didongengkan di bagian ini. Jika dibagian II dijelaskan tentang pengertian sisi dan sudut pada bangun datar, dibagian III ini dijelaskan pengertian sisi, rusuk dan sudut pada bangun ruang. Beliau juga menyinggung tentang bilangan karakteristik euler bahkan sudah masuk ke topologi. Terminologi-terminologi pada topologi yaitu manifold, homeomorpic dan genus dibahas dalam bahasa sederhana pada bab ini.

***

Buat kamu yang mengaku penggemar matematika dan buat guru matematika seperti saya, buku tersebut wajib dimiliki untuk menambah pengetahuan tentang geometri. Ayo segera ke toko buku sebelum kehabisan. kemarin saya ke Gramedia Botani Square Bogor, wuihhh ternyata stock bukunya kosong. Berarti laris manis bukunya.

Informasi Buku:

Judul:  Lingkaran; Menguak misteri bilangan π, bangun datar dan bangun ruang terkait dengan lingkaran.

Penulis: Hendra Gunawan

Penerbit: Graha Ilmu

ISBN : 978-602-262-426-4
Harga : Rp 68.800,00
Halaman : XII+140

Advertisements

About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in geometri and tagged , , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Review Buku: Lingkaran

  1. Ah…. jadi pengin bukunya….
    Tapi gramedia online pun sudah limited stock. Hiks….

  2. SMK AMILIA says:

    Bang Satria, bagaimana pendapat Anda tentang ini:

    • Aria Turns says:

      Halah… cocoklogi, mengapa 360 derajat? Karena dulu masyarakat babilonia menghitung 1 putaran penuh bumi mengelilingi matahari atau revolusi bumi adalah 360 hari, kita tahu sekarang kurang tepat. Ada dua besaran sudut yaitu derajat dan radian, dalam matematika yang sering dipakai adalah radian. Dalam radian penjelasan di video tersebut menjadi tidak berlaku

  3. Bisa dibeli dimana buku nya pak Aria? dan izin repost hasil wawancara dengan pak Hendra Gunawan di blog http://defantri.blogspot.com/ boleh kah pak 🙂
    terimakasih

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s