Ucapan selamat natal dan memilih Cherry

Sumber: Gen22.net

Sumber: Gen22.net

Selalu begini menjelang Natal tiba, umat Muslim rame berdebat apakah mengucapkan selamat natal itu boleh atau tidak. Betapa konyolnya, yang merayakan natal adalah umat Nasrani dan mereka tidak pernah meminta umat lain untuk mengucapkan selamat tapi malah umat Muslim malah rame berdebat.

Yang berpendapat mengucapkan selamat natal itu haram beralasan mengucapkan selamat natal sama saja mengakui kelahiran Tuhan Yesus dan itu dan itu bertentangan dengan akidah.

Menurut saya yang berpendapat demikian telah melakukan kesalahan logika yang disebut memilih Cherry (Cherry Picking)

apa itu kesalahan logika memilih Cherry?

Jika kamu menerima A tetapi mengabaikan B padahal keduanya memiliki penjelasan serupa. Bagaikan petani memanen  buah Cherry (atau buah lainnya), hanya memetik Cherry-Cherry yang dinginkannya saja dan mengabaikan yang tidak diinginkannya.

Dimana letak pemilihan cherrynya?

Apakah kalian tahu bahwa kalender masehi yang kita gunakan sehari-hari sebenarnya adalah kalender Nasrani? Nama aslinya adalah kalender Gregorian diambil  dari nama Paus Gregory yang memperkenalkannya. kalender Gregorian adalah modifikasi dari kalender Julian. Menurut keyakinan nasrani hari paskah yaitu hari Yesus dibangkitkan setelah disalib, jatuh di hari minggu setelah purnama pertama pada atau setelah musim semi Ekuinoks

Ekuinoks adalah kedudukan matahari tepat di ekuator, yang terjadi 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada Tanggal 21-22 Maret, dan 22-23 September. Pada saat Ekuinoks terjadi, maka bumi belahan Utara dan Selatan mengalami malam dan siang yang sama panjangnya. Ekuinoks pada Tanggal 21-22 Maret, disebut sebagai musim Semi (Spring) sedangkan ekuinoks di Tanggal 22-23 September disebut sebagai musim Gugur (Autumn). Pada kalender Julian, hari paskah jatuh jauh dari ekuinoks musim semi. Oleh sebab itulah pihak vatikan memodifikasinya.

Jadi kalender masehi yang kita gunakan sehari-hari adalah kalender yang mengakomodir hari kebangkitan Yesus, Jika kamu menolak ucapan selamat natal karena menurutmu itu sama saja mengakui kelahiran yesus maka kamu harus menolak kalender masehi karena itu sama saja mengakui kebangkitam Yesus.

Disitulah letak keselahan logika memilih Cherrynya, mengatakan ucapan selamat hari kelahiran Yesus adalah haram tetapi dikamarnya terpajang kalender yang mengakomodir hari kebangkitan Yesus.

P.S. Selamat Natal, semoga damai di bumi, damai di hati

Advertisements

About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in Logika and tagged , , , . Bookmark the permalink.

10 Responses to Ucapan selamat natal dan memilih Cherry

  1. Kokore says:

    Anak sekolahan percaya bahwa
    $ latex \frac{1}{3} = 0.333… $
    tapi tidak percaya bahwa
    $ latex 1 = 0.999… $
    padahal
    $ latex 3\frac{1}{3} = 3(0.333…) $
    $ latex 1 = 0.999… $

    mas bahas tentang yang ini juga dong
    (http://en.wikipedia.org/wiki/0.999…#Skepticism_in_education)

  2. syaifulon8 says:

    Umat islam tdk menggunakan kalender masehi tp kalender hijriyah. Seperti penentuan bulan Ramadhan, dll. Semua menggunakan kalender Hijriyah..

  3. penjelaasnnya saya suka 😀

  4. tommy says:

    Saya adalah pembaca setia blog ini, saya lupa hal apa yg membuat saya berkunjung ke blog ini krn memang sudah cukup lama saya mengikuti blog ini, dan menjadi seorang silent rider 🙂
    Saya cukup kecewa krn komentar pertama saya di blog ini tidak ada relevansinya dgn matematika, sejujurnya saya cukup tersinggung dgn kata ‘konyol’ diatas. Menurut saya hal yg diperdebatkan tersebut bukan hal konyol krn menyangkut keimanan suatu umat, dalam hal ini umat islam. Saya tidak mau berpanjang lebar, namun yg pasti saya selalu memiliki pandangan jika seseorang tidak memiliki kapasitas atas suatu hal tetapi berkomentar keras/mencibir akan hal tsb saya rasa itu adalah perilaku yg tidak pantas. Seperti ahmad dhani yg mengomentari status hukum prabowo atas dugaan pelanggaran ham yg dilakukannya. Rasanya menggelikan melihat seseorang yg tidak berkompetensi akan suatu hal namun berbicara seakan2 dia menguasai betul hal tsb atau mencibir hal tsb seakan2 pendapatnya yg paling benar.

  5. ilham says:

    Anda tidak ada kompetensi untuk menilai hal ini, dan logika cherry anda tidak masuk akal sama sekali, saya sudah toleransi terhadap agama anda, saya sangat banyak berteman dengan orang non muslim dan saya sudah menjelaskan hal ini, dan mereka terima, blog anda cucup share masalah mathematika saja, jangan membuat blog yang anda tidak ada kompetensi di bidang ini? Kalau main logika2 seperti ini nanti akan menjurus kemana2 sampai2 saya akan mempertanyakan apakah tuhan itu sama dengan manusia, kenapa tuhan bisa beranak? Dan banyak lagi yang tidak masuk akal dalam logika mathematika pun bibel banyak kesalahan, tapi saya tidak melakukan itu, saya menghormati kepercayaan anda, tolong hormati kepercayaan kami, bukan berarti kami tidak toleransi karena tidak menghormati kepercayaan anda,

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s