Saya tidak percaya Teori Konspirasi

Sumber: i09.com

Sumber: i09.com

Kali ini saya mau ngomongin teori konspirasi, menurut wikipedia, teori konspirasi adalah:

teori-teori yang berusaha menjelaskan bahwa penyebab tertinggi dari satu atau serangkaian peristiwa (pada umumnya peristiwa politik, sosial, atau sejarah) adalah suatu rahasia, dan seringkali memperdaya, direncanakan diam-diam oleh sekelompok rahasia orang-orang atau organisasi yang sangat berkuasa atau berpengaruh.

Bisa dikatakan hampir semua peristiwa-peristiwa besar dunia ada teori konspirasinya. Btw kalian pernah dengan teori konspirasi yang mengatakan bahwa Islam adalah agama buatan Vatikan yang sengaja dibuat dengan tujuan membendung pengaruh yahudi di jazirah arab? Kalau belum, baca aja di sini

Dulu saya penggemar teori konspirasi tetapi sekarang bagi saya, teori konspirasi gak ada bedanya dengan legenda. Tentunya kalian familiar dengan legenda tangkuban perahu. Kita semua tahu gunung tangkuban perahu bener-bener ada terletak di utara Bandung tetapi apakah benar gunung tersebut terbentuk karena ulah Sangkuriang? Begitupula dengan teori konspirasi, yahudi sebagai suatu etnis atau agama, jelas benar-benar ada tetapi benarkah yang dikatakan teori konspirasi bahwa yahudi mengusai dan mengendalikan dunia? Eh… belum tentu.

Tak terbantahkan

Legenda menjadi menarik bukan karena ada bukti-bukti yang mendukungnya tetapi karena tak terbantahkan (unfalsifiability). Bagiamana cara kita membantah keberadaan Nyi roro kidul, sang pengusa laut selatan? Bagaimana kita membuktikan lutung kasarung tidak ada? Begitupula dengan teori konspirasi, bagaimana cara kita membantah bahwa serangan 11 september adalah rancangan Iluminati? Bagaimana kita membuktikan bahwa Jokowi bukanlah antek Zionis?

Teori konspirasi terasa benar karena banyak orang kesulitan membuktikannya salah.

Okey, itu tadi alasan pertama mengapa saya tidak percaya terori konspirasi, selanjutnya alasan kedua:

Bertentangan dengan prinsip pisau cukur Occam

Didalam sains ada yang namanya prisip pisau cukur Occam ( Occam’s razor principle), secara sederhana prinsip tersebut menyatakan:

Jika terdapat 2 teori yang menjelaskan suatu hal maka pilihlah teori yang lebih sederhana daripada teori yang lain.

Sebagai contoh: Model Geosentris (Bumi sebagai pusat tata surya) dan model Heliosentris (Matahari sebagai pusat tata surya) sama-sama bisa menghitung secara tepat pergerakan matahari, bumi, bulan dan planet-planet lain di tata surya. Akan tetapi model Geosentris membutuhkan lebih banyak asumsi daripada model heliosentris, So berdasarkan prinsip pisau cukur Occam, model heliosentrislah yang kita pilih.

Nah… menurutmu mana yang lebih sederhana: Tsunami aceh, tahun 2004 terjadi karena gempa bumi di dasar samudera Hindia atau karena ulah Amerika mengunakan senjata canggih pengatur Iklim yang disebut HAARP, tujuan Amerika menciptakan Tsunami dahsyat adalah untuk mencengkramkan pengaruhnya lebih dalam ke negara-negara terdampak ?

Umumnya teori konspirasi memberikan penjelasan rumit dan panjang mengenai suatu peristiwa, jelas ini bertentangan dengan prinsip pisau cukur Occam.

***

Itu tadi 2 alasan saya tidak percaya teori konspirasi. Nah… apakah kamu masih percaya teori konspirasi?

Advertisements

About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in dll, Logika and tagged , , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Saya tidak percaya Teori Konspirasi

  1. syaifulon8 says:

    Kita bisa lihat konspirasi benar tidaknya dr sejarah.

  2. mdinowumbo says:

    Wah topik baru lagi nih 🙂 . Tapi ngomong-ngomong hubungannya prinsip itu sama pisau cukur apa ya 😀

  3. Multivac says:

    Saya sedikit percaya dengan Teori Konspirasi 😀

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s