Dua Soal

Sumber: math.psu.edu

Sumber: math.psu.edu

  1. 25 × 25 = …
  2. Ibukota dari Kalimantan Utara adalah …

Dua soal tersebut saya berikan kepada siswa-siswa baru kelas X di sekolah saya mengajar. Semuanya bisa menjawab soal no. 1 tetapi tidak ada satupun yang bisa menjawab soal no .2, padahal soal no.2 adalah soal pengetahuan umum, sesuatu yang dianggap lebih mudah daripada Matematika. Saya yakin kalian meminta bantuan mbah Google untuk menjawab soal no.2 kecuali kalian tinggal di Kalimantan Utara.

Tujuan saya memberikan dua soal tesebut adalah ingin menunjukkan kepada para siswa baru bahwa matematika tidaklah sesulit yang mereka bayangkan. Saya tidak mengatakan matematika itu mudah tetapi saya pastikan, matematika tidaklah seseram yang kalian bayangkan. Tan Malaka ( Buat yang belum tahu siapa dia, googling saja. Bagi saya dia adalah pahlawan terkeren yang dimiliki Indonesia) justru mengatakan Matematika adalah pelajaran termudah dibandingkan pelajaran lain.

Sebenarnya matematikalah yang paling gampang kalau dibandingkan dengan sains yang lain, yaitu bagi mereka yang berpikir logis dan cerdik memakai cara. Bagi mereka semacam ini, tak perlu banyak menghafalkan. Sedangkan ilmu-ilmu lain, seperti ilmu bumi dan sejarah, perlu hafal menghafal berulang-ulang. Acapkali buktinya tak terorganisir dan tidak umum layaknya matematika dan ilmu alam. Untuk matematika, cukup kalau teori yang tak seberapa banyak itu dipegang dan terutama sekali berpegang teguh pada cara berpikir seperti yang sudah diuraikan. Berbeda dengan ilmu-ilmu lain, matematika sangat teratur tingkatnya, dari yang paling mudah ke yang sedikit lebih susah, dari sedikit susah ke tingkat sedikit lebih tinggi, begitulah terus sampai ke puncak setinggi-tingginya. Bagi pemuda yang berdarah logis dan cerdik, maka sekalian tingkat itu bisa dinaiki dengan gampang. Tidak sadar mereka tiba-tiba sudah sampai ke puncak.

-Madilog, Tan Malaka-

Dibandingkan pelajaran lain, matematikalah yang menghapalnya paling sedikit.  Hal utama dalam matematika adalah berpikir, inilah inti dari matematika. Mungkin, kamu akan berkomentar saya lebih suka menghapal daripada berpikir. Yang membedakan manusia dengan adalah berpikir. Kalau sekedar menghapal burung Beo juga bisa menghapal. Burung Beo sanggup menghapal puluhan kata dan kalimat tetapi tidak bisa berpikir apa maknanya. Tujuan sekolah adalah membuat manusia berpikir, so.. untuk apa susah-susah sekolah kalau kamu masih alergi dengan berpikir.

Advertisements

About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in Pendidikan and tagged , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Dua Soal

  1. gempol says:

    hapalan dikit gimana pak, di kalkulus itu, aturan2nya integral buanyak sekali. ya emang sih ga perlu dihafal tapi dipahami, tapi kalo saat ujian, dengan variasi soal yg sangat beragam, meskipun sudah paham mau-dibawa-kemana arah penyelesaiannya, akan tetapi jika ditengah jalan kita kelupaan satu rumus saja, bisa jadi pekerjaan akan stuck disitu terus. sedangkan waktu sangat terbatas, dan hampir tdk memungkinkan utk menyusun rumus yang lupa tsb menggunakan konsep2 dasar yg sudah dikuasai karena hal tsb butuh waktu

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s