Soal PISA di UN matematika SMP

Klik Gambar Untuk memperbesar.

Klik Gambar Untuk memperbesar.

Nemu di Twitter tepatnya dari akun @AyoTolakUN, Setelah sebelumnya soal Pisa muncul untuk UN tingkat SMA, sekarang kembali nongol untuk UN tingkat SMP. Kali ini saya mau membahasnya, ada satu hal yang membuat saya tertarik dengan soal PISA yang nongol di UN Matematika tingkat SMP ini, yaitu penggunaan kata “kira-kira” atau dalam soal aslinya yang berbahasa Inggris kata “approximately”. Itu menunjukkan soal tersebut adalah soal perkiraan, padahal materi perkiraan TIDAK diajarkan di sekolah baik tingkat SMP maupun SMA. Di negara lain seperti di USA, materi perkiraan dipelajari di kelas 8, mengapa di Indonesia tidak dipelajari? Waduh… jangan tanya saya, saya sendiri tidak tahu.

Soal tersebut meminta kita memperkirakan panjang sisi miring dari segitiga siku – siku yang diketahui salah satu sudutnya 45º dan tingginya 150 m. Dengan mudah kita ketahui segitiga siku-siku tersebut sama kaki. Misalkan c adalah sisi miring, dengan mengunakan rumus Pythagoras diperoleh

c=\sqrt{150^{2}+150^{2}}=\sqrt{150^{2}\cdot2}=150\sqrt{2}

Sekarang kita menghitung nilai perkiraan dari 150√2 . Diketahui √2 terletak diantara 1 dan 2, dengan kata lain 1 < √2 < 2. Kita akan mengambil nilai diantara1 dan 2, yang kalau dikuadratkan haslinya mendekati 2. Kita ambil 1,4 karena 1,4² = 1,96 cukup mendekati 2. Kita pilih 1,4  sebagai nilai perkiraan dari √2, ditulis √2 ≈ 1,4 . Diperoleh

150√2 ≈ 150 × 1,4 ≈ 210

Kita pilih jawaban B karena paling mendekati 210.

***

Di Naskah UN matematika tingkat SMP terdapat soal yang materinya tidak diajarkan. Apakah pembuat naksah UN tidak tahu materi-materi pelajaran matematika SMP???

Update 7/12/2014

Oh… ternyata di BSE matematika kelas 7 terbitan tahun 2011 halaman 18, ada bahasan aproksimasi akar kuadrat. Bahasannya singkat hanya setengah halaman saja tanpa disertai contoh soal cerita atau aplikasinya tetapi siswa diujikan dengan soal cerita panjang lebar 😦

Advertisements

About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in Pendidikan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

25 Responses to Soal PISA di UN matematika SMP

  1. Di SD saya sudah diajarkan materi perkiraan.
    Kelas 8 dan sedikit di kelas 9 juga diulas penuh.
    Jadi, bukan menjadi masalah.

  2. Laurentia Avelia Agatha says:

    UN say itu hahah…. udh ketemu 150 akar 2 ehhh nga ada di option akar 2 nya. blom diajarin estimasi perasionalan akar ya akhirnya salah… yesek :’D

  3. tito says:

    kalau soalnya kayak gtu brarti bagus dong, menuntut siswa untuk berpikir kreatif…
    tidak menunggu untuk diajarkan tp harus aktif untuk belajar…

  4. Suwondo Soekiran says:

    Proof, maaf-sy mencoba Aktif-tLong dkoreksi kalau tdk berkenan! gini, bagaimana Cara menjelaskan soaL…ini(membimbing anak kelas 5 SD)! ; 4/7 x 1 3/4 x 1 1/8 = n,hasilnya diMinta bil.DesimaL ! terima kasih.

  5. kalo ngak salah pas kelas 5an SD ada cara aproksimasi akar kuadrat dari bilangan non-kuadrat dengan cara bersusun ke bawah (kaya pembagian)

    • Fajri says:

      Tuh bro, emang diajarin pas SD 😀

      • Aria Turns says:

        2 tahun saya jadi guru SD. Materi kelas 5 SD adalah mengitung nilai akar kuadrat sempurna dengan cara bersusun kebawah. Jika kalian sudah belajar menghitung aproksimasi akar kuadrat ketika SD berarti Guru matematika SD kalian Luar biasa

  6. bukannya udah belajar aproksimasi
    contoh : pi ~ 3,14

  7. ahmad faza says:

    lho aku kira itu. sin 45 =150/c
    1/2akar 2=150/c
    c=150/(1/2akar 2)
    c= 212.13
    pake aturan trigonometri
    tpi sama aja ketemunya =D

  8. desolator says:

    aduh di kalulator ketik 150akar2 kluar 212,13… apa yg salah dengan soal ini. lagian akar2 gk bulet 1,4. dan di soal ada kata “kira- kira”

    • Aria Turns says:

      Tidak ada yang salah dengan soal tersebut. Itu adalah soal aproksimasi akar kuadrat. Materi yang TIDAK diajarkan. Yang salah adalah pembuat Naskah UN ngasih sola dengan materi yang tidak diajarkan

  9. Swear says:

    ane cuma ralat kalimat yang katanya ga diajari di smp, ITU MATERINYA ADA DI buku kelas 8, yang perbandingan segitiga siku siku saama kaki sudut 45/90/45 = 1:√2:1, malah ada satu lagi yang pake rumus phytagoras : 1:√3:2 , ane ngakak aja ama murid” yang terlalu lebay nanggepin soal itu, ketahuan ga belajar -_-

    • Aria Turns says:

      Kamu salah memahami tulisan saya. Ya memang segitiga siku-siku sudah dipelajari di SMP tapi apakah materi aproksimasi sudah dipelajari juga? Apakah anak SMP mempelajari bagaimana mencari nilai pendekatan dari √2? Kayaknya enggak dech

      • Fajri says:

        Di SD bukannya diajarin cara cari akar dua pake susun ke bawah??? Ga tau deh ya Mas SD yg lain, tp seinget gw itu dulu ada di buku Mtmtk SD gw dan diajarin ama guru SD gw, Gw juga SD nya juga di daerah 😮

        • Aria Turns says:

          Di SD kita diajarkan mencari nilai eksak dari akar kuadrat sempurna. Sedangkan akar 2 bukanlah kuadrat sempurna tidak bisa mengunakan cara yang kita pelajari waktu SD

          • Fajri says:

            Iya ngerti kok mas, akar kuadrat sempurna ato bukan. Kan akar dua xD duhduh. Almamater saya jg bagus kok kayak masnya :”D. Kan yang saya bilang “pas saya SD” dulu, diajarin.. kalo sekarang ga tau deh.. Dan pas SMP juga diulang/diajarin lagi ama guru matematika saya, Saya masih ingat. Dan saya juga sekolahnya di daerah, Menurut saya sih ga ada masalah jika diujikan ke anak SMP. Yang bermasalah itu, gerakan ga jelas tolak UN, sampe bikin website tuh (url nya ada di gambar yang mas attach). Provokatif tapi ga punya solusi (Bilangnya ada tapi isinya nol) hehe.

            • Aria Turns says:

              Wah..berarti sekolahmu bagus, Memang tidak masalah soal tersebut diujukan tapi dengan syarat SEMUA SMP mengajari materi tersebut, kayaknya gak semua smp dijarin dech
              Saya guru, saya melihat dengan mata kepala sendiri betapa UN teramat sangat bermasalah

            • sukamath says:

              Jempol buat mas Fajri, kapaaaaan majunya, kalo cuman akar 2 anak smp kagak bisa kira-kira !!!! Pantesan nyalahin UN melulu! Wadalah!!

      • sukamath says:

        Lebay amat!! Kalo gitu kapan kita pake logika!!! Kata Cak Lontong : “MIKIR”. Kalo udah tau antara 1 s.d 2 ya dicoba dulu 1,5 x 1,5 = 2,25 masih kebanyakan coba 1,4 x 1,4 = 1,96 hampir pas berarti akar 2 sekitar 1,4 lalu kalikan dengan 150 = 210. ya jawabannya mendekati 210, ya 212 ! Gitu aja kok diributkan!

  10. rangga says:

    15*15 + 15*15.= akar 450
    212*212 449.44
    atau akar 450 = 212,13….

    aku sih gitu

  11. masrosid says:

    yang membuat soal itu cuma sok-sokan deh.. ga ngerti tujuan dan maksud UN apa?

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s