Soal PISA di UN matematika 2014, untuk apa?

Ah.. UN tingkat SMA tahun ini baru saja selesai seperti tahun-tahun sebelumnya berita tentang kecurangan UN masih marak diberitakan. Akan tetapi saya bukan mau ngomong soal kecurangan UN melainkan mengenai soal UN. Iseng-iseng membuka soal UN matematika jurusan IPA,  ada satu soal yang menarik perhatian saya.

Soal Pisa di UN
Kita tahu UN kali ini ada 20 paket soal, saya sudah memeriksa sekitar 5 paket berbeda dan soal tersebut selalu muncul.

Mengapa saya tertarik?

Karena  itu soal Pisa tahun 2012 yang diterjemahkan. Silahkan klik di sini, untuk mengunduh soal-soal PISA tahun 2012 lalu buka halaman 70

soal PISA

Sedikit mengingatkan di akhir tahun lalu kita dihebohkan oleh PISA (Programmme for International Student Assessment ) di bawah Organization Economic Cooperation and Development (OECD) yang mengatakan Indonesia diperingkat kedua paling bawah dari 65 negara, dalam pemetaan kemampuan matematika, membaca dan sains.

***

Okey itu memang soal PISA, so what?  Nah inilah yang saya herankan, Untuk apa ada soal PISA di UN?? Apa tujuannya?? Harus kalian ketahui, soal PISA ditunjukkan kepada anak 15 tahun atau setara kelas 8 SMP. Di naskah UN matematika tingkat SMA ada soal kelas 8 SMP, apa maksudnya? Jika mayoritas peserta UN bisa mengerjakan soal tersebut ya memang SUDAH SEHARUSNYA siswa kelas 12 SMA bisa mengerjakan soal kelas 8 SMP tetapi jika sebaliknya itu membuktikan peringkat PISA memang benar apa adanya, pendidikan kita memang jauh terbelakang.

Advertisements

About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
Aside | This entry was posted in Pendidikan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

13 Responses to Soal PISA di UN matematika 2014, untuk apa?

  1. gina says:

    Haha iyalah gabisa jawab kan pendidikan di indo lebih ditekankan sama materi bukan penerapan materinya. Kurang pake nalar sementara soal2 pisa tuh harus pake nalar ‘-‘

  2. M Dino Wibisono says:

    wah makasih banget soal PISAnya, lumayan buat belajar buat UN 😀

  3. sumarsih says:

    bisa minta bantuan klo punya soal2 PISSA utk anak SMP. karena anak sy tgl 5 mei besok akan melaks UN. dan baru tahu klo ada soal2 setara soal PISSA. Terima kasih

  4. masrosid says:

    walah… malah baru tau ada soal kayak gitu di UN SMA
    kurang update nih..

  5. 15 th bukannya kelas 9 atau 10

  6. mawi wijna says:

    Yg bikin soal pingin supaya ada beberapa soal yg susah banget buat ukuran anak SMA. Diasumsikan anak SMA ngga tau cara ngerjain soal ini jadinya mereka ga bakal tuker2an jawaban untuk soal ini. Walaupun demikian, soal ini tetap memiliki jawaban yg benar. Setidaknya siswa punya peluang 1/5 untuk menjawab dgn benar.

    • Aria Turns says:

      Jika peserta UN menganggap soal PISA susah banget padahal PISA ditunjukkan kepada anak kelas 8 SMP berarti pendidkan kita emang amat bobrok

      • @hai_vil says:

        Kita tak terbiasa dg pembelajaran bernalar. Jadi ketika menghadapi soal PISA yg bernalar canggih, bingung mau jawab pakai rumus apa?. Padahal soal PISA adalah tipe soal yg penalarannya canggih dg perhitungan sederhana. Berbeda dg soal UN matematika yg penalarannya rendah, perhitungan ruwet.
        Selama ini banyak anak yg menganggap matematika hanya urusan menghitung dan menghafal rumus2 tanpa memahami konsepnya. Jadi ingat kata einstein bahwa tidak semua yg bisa dihitung itu diperhitungkan dan tidak semua yg diperhitungkan itu bisa dihitung.
        Kalau sekedar menghitung bisa pakai banyak alat, misalnya kalkulator/komputer dg berbagai programnya.
        Matematika itu essensinya melatih kita untuk cakap bernalar, membentuk pola pikir untuk memecahkan masalah di berbagai bidang kehidupan.
        Langkah yang bagus kemendikbud memasukkan soal PISA ke UN 2014 tetapi sebaiknya diinformasikan dulu jauh2 hari sebelumnya atau diterapkan dulu pembelajaran bernalar ini dari kelas X.

        Keep spirit learning agents!, terus tingkatkan kemampuan mendidik generasi bangsa.
        Buat para peserta didik, terus semangat belajar dan kembangkan budaya bernalar!, sukses!.
        Artikel yang bagus, pak Aria.
        Thanks for sharing. 🙂

    • Riko says:

      Wow… Komentar yang benar-benar JENIUS. Ada kata asumsi dan peluang. Saking jenius komentar ini, gue kira gue salah baca,kalo soal PISA untuk anak-anak usia 15 tahun(an)…

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s