Suami yang tidak Setia

selingkuhAlkisah di kerajaan Setia, setiap perempuan yang sudah menikah mengetahui kesetiaan semua suami kecuali suaminya sendiri. Norma yang berlaku disana adalah hal yang tabu para Istri membicarakan kesetian suami orang lain. Luas kerajaan setia kecil sehingga suara tembakan akan terdengar di seluruh penjuru kerajaan. Jika ada suami yang ketahuan selingkuh, pihak istana akan meniupkan terompet tanpa memberitahu namanya dan perempuan yang mengetahui terompet tersebut ditujukkan kepada suaminya akan menembak si suami pada tengah malam sehari setelah dia mengetahui suaminya berselingkuh.

Nah… bagaimana para istri mengatasi hal tersebut?

Solusi:

  • Jika hanya ada 1 suami yang tidak setia maka semua perempuan di kerajaan mengetahuinya kecuali istrinya sendiri yang percaya semua suami setia. Jika terompet berbunyi maka dia akan segera menyadari terompet tersebut ditujukan kepada suaminya karena dia tahu suami yang lain setia. So.. dia akan menembak suaminya pada tengah malam.
  • Jika ada 2 suami tidak setia maka istri-istri mereka percaya hanya ada 1 suami tidak setia (yang satunya lagi).  Mereka akan berharap mendengar suara tembakan pada tengah malam sehari setelah terompet kerajaan berbunyi. Ketika suara tembakan tidak terdengar, mereka akan sadar bahwa ada lebih dari 1 suami tidak setia dan karena meraka mengetahui suami yang lain setia maka kelebihan suami tidak setia tersebut adalah suami mereka sendiri.
  • Jika ada 3 suami tidak setia maka istri-istri mereka percaya hanya ada 2 suami tidak setia. Mereka akan berharap mendengar suara tembakan pada tengah malam, dua hari setelah terompet kerajaan berbunyi.  Ketika suara tembakan tidak terdengar, mereka akan sadar bahwa ada lebih dari 2 suami tidak setia dan satu-satunya kandidat mejadi suami tidak setia selain 2 suami yang telah mereka ketahui adalah suaminya sendiri.
  • Secara umun jika ada n suami tidak setia maka istri-istri mereka percaya hanya ada n-1 suami tidak setia. Mereka akan berharap mendengar suara tembaka pada tengah malam, n-1 hari setelah terompet kerajaan berbunyi. Ketika mereka tidak mendengar suara tembakan, mereka akan mengetahui suami merekalah yang ke-n
Advertisements

About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in Logika, soal and tagged , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Suami yang tidak Setia

  1. galihsatria says:

    Pusing, hehehe…

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s