Bebegig Sawah

Sumber: wikipedia

Sumber: wikipedia

Kemarin, ada sesorang yang marah-marah dihadapan banyak orang termasuk saya, sambil melakukan bebegig (Orang-orangan sawah dalam bahasa Sunda).  Lho Bebegig? Apa maksudnya? Bebegig  adalah terjemahan saya dari Straw Man. Yup… straw man adalah bahasa Inggrisnya bebegig, secara harfiah artinya manusia Jerami karena umumnya bebegig terbuat dari jerami atau rumput kering. Nah.. ada kesalahan logika / kesalahan berargumentasi namanya Straw Man yang saya terjemahan bebegig dan inilah kesalahan logika yang paling jamak dilakukan banyak orang. Secara umum bebegig mempunyai pola sebagai berikut:

Si A menyatakan X

Si B salah memahami X sebagai Y atau bisa saja sengaja menciptakan Y untuk mengantikan X . Nah.. Y ini lah yang disebut bebegig dari X

Si B menyerang Y lalu menyimpulkan X salah.

Kita masuk saja ke contoh:

Tini :  Ayah… belikan aku Iphone.

Ayah : Nak.. Ayah tidak punya uang buat beli hp semahal itu

Tini : Ih… ayah jahat, gak sayang lagi ama Tini, kalau sayang belikan Tini, Iphone dong ayah.

Si Tini telah menciptakan bebegig yaitu Ayahnya tidak sayang lagi ke dia untuk mengantikan pernyataan Ayahnya tidak punya uang untuk beli Iphone.

Ada satu teori sains yang menurut saya paling sering dibebegigkan, yaitu Teori Evolusi. Bebegig dari teori evolusi adalah Teori evolusi menyatakan manusia keturunan monyet.  Bebegig yang cukup ampuh membuat banyak orang antipati terhadap Teori Evolusi, padahal Teori Evolusi sama sekali tidak pernah mengatakan demikian. Yang dikatakan Teori evolusi adalah manusia dan monyet mempunyai keturunan yang sama.

Sedangkan program pemerintah yang menurut saya terbebegigkan adalah Pekan Kondom Nasional. Itu tu bagi-bagi Kondom gratis yang sempet heboh beberapa waktu yang lalu. Bebegignya adalah: Program tersebut mendukung Seks bebas. Tujuan dari program tersebut adalah menanggulangi penyebaran HIV. Jika kamu menolak program tersebut maka tunjukan bahwa penggunaan kondom tidak ada korelasinya dengan penyebaran HIV bukan dengan menciptakan bebegig bahwa program tersebut mendukung seks bebas.

Kesalahan logika bebegig sawah ini sama dengan pantun pendek yang cukup terkenal. Saya yakin kalian pernah mendengarnya.

Jaka sembung

Bawa Golok

Gak Nyambung

G*bl*k!!

Advertisements

About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in Logika and tagged , , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Bebegig Sawah

  1. yuma says:

    Jangan ngomong sembarangan, meski kadang saya suka ngomong sembarangan juga. Memang kelihtannya ngga ada kaitannya, tetapi benar menyebarkan kondom itu sam saja menyerukan pergaulan bebas, nah pergaulan bebaslah penyebab utama HIV, jadi jangankan mengurangi penyebarannya, program tersebut malah seakan-akan menyetujui pergaulan bebas. Kan kebanyakkan yang ngerti kondom cuma pelaku sex bebas, orang baik-baik ngga perlu tuh sama kondom.

  2. mellisa says:

    si B menyerang dengan pernyataan Y untuk menyatakan X salah, X bukan negasi Y, dan X bukan Y, X dan Y saling lepas. X maka Y tidak sama dengan negasi Y maka negasi X. berarti pernyataannya salah. masuk akal mas.

  3. Hahaha… mantabs nih tulisan bebegig…

  4. marsono says:

    istimewa !!

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s