Serius atau hanya lelucon ?

Serius atau lelucon?

Foto yang bikin heboh twitter dan Facebook saya, banyak yang mengomentari jawaban si Siswa. Akan tetapi saya malah curiga soal dan jawabannya hanyalah rekayasa, sengaja dibuat sebagai lelucon untuk membuat kehebohan. Ada 4 kejanggalan yang menyebabkan kecurigaan saya muncul:

Pertama: Soalnya keliru.

garis berat segitiga adalah 2 : 1, itu maksudnya apa? Melihat gambar segitiganya pun saya masih bingung.  Soal tersebut meminta bukti suatu garis adalah rasio, sangat absurd karena garis dan rasio adalah 2 hal yang amat berbeda bagaimana mungkin membuktikan keduanya sama.

Kedua: Materi tidak sesuai.

Garis berat segitiga itu dipelajari di tingkat  SMP. Ada tidak  Topik metematika SMA kelas 12 IPA yang membahas garis berat segitiga? Sepertinya tidak.  Merupakan hal yang janggal seorang guru memberikan kuis dengan materi di luar topik.

Ketiga: Jawaban ngasal yang terlalu sempurna.

Meskipun ngasal bin ngawur tetapi jawaban disampaikan dengan singkat, jelas dan runtut, sehingga dengan mudah kita menangkap pesan yang ingin disampaikan. Terlalu sempurna untuk sebuah jawaban ngasal.

Keempat: Penggunaan kata Tuhan.

Jawabannya sepertinya ingin menunjukkan dia teramat beriman tetapi mengapa dia mengunakan kata Tuhan yang tidak berasosiasi dengan agama manapun? Jika dia penganut agama yang teramat taat, mengapa dia tidak mengunakan istilah Tuhan dalam agamanya? Selain itu jawaban ditutup dengan pernyataan.

Barang siapa yang tidak percaya kepada-Nya. Hidupnya akan binasa.

Tidak jelas apakah itu hanya pendapat pribadinya atau kutipan kitab suci? Jika itu diambil dari kitab suci mengapa tidak mencantumkan kitab suci apa yang dipakai?

Keempat kejanggalan tersebutlah yang membuat saya curiga, jangan-jangan soal dan jawaban hanyalah lelucon belaka. Pembuat lelucon dengan cerdas membenturkan matematika dengan agama tanpa harus menyinggung salah satu agama.

Sekarang bagaimana pendapat kalian? Apakah hanya lelucon atau memang benar-benar ada siswa kelas 12 IPA bernama Ariene yang menuliskan jawaban seperti itu?

Advertisements

About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in dll and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Serius atau hanya lelucon ?

  1. Ebet says:

    Jawaban yg di atas benar terjadi mas, saya sendiri teman sekelas Arlene tsb, hehehe

  2. kalau saya berpendapat artinya Pesan yang disampaikan ini adalah
    tidak semua segala sesuatu diukur engan logika….

    hanya isa as jalan dan kebenaran… 🙂

  3. Vinanry N says:

    koplak

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s