Berhitung vs Pemahaman

  1. berhitung vs pemahamanSebuah bak air terisi penuh berukuran 100 L. Andi akan mengambil air dari bak tersebut dengan menggunakan ember berukuran 0,1 dari ukuran bak. Berapa liter ukuran ember Andi?
  2. Sebuah bak air kosong akan diisi air melalui ember berukuran 0,1 dari ukuran bak. Butuh berapa ember supaya bak terisi penuh?

Kedua soal diatas saya berikan kepada 15 siswa kelas 6 SD. Mereka hanya mampu menjawab soal 1 saja, tidak mampu menjawab soal 2. Soal 1 hanya soal berhitung saja sedangkan soal 2 adalah soal pemahaman. Untuk bisa mengerjakan soal 2, mereka harus paham konsep pecahan. Melihat mereka tidak mampu mengerjakan soal 2 menunjukan pemahaman mereka tentang pecahan masih lemah.

Akan tetapi saya tidak bisa menyalahkan mereka karena mereka sebenarnya adalah cerminan produk kurikum kita yang payah. Kurikulum kita membuat matematika hanya terfokus dengan berhitung bukan pemahaman konsep matematis. Kurikulum yang ada saat ini hanya membuat anak-anak pandai berhitung saja lalu apa bedanya dengan kalkulator? Padahal dalam mempelajari matematika yang teramat penting sekali buanget adalah pemahaman konsep matematis bukan berhitung.  Bagi saya, percuma kamu bisa menghitung {\displaystyle \lim_{x\rightarrow0}\frac{\sin x}{1-\cos x}} tetapi tidak paham konsep limit.

Saya dengar akan ada perubahan kurikulum diganti dengan kurikulum 2013 tapi jujur saya tidak terlalu berharap.

sumber gambar: mathlanding.org

Advertisements

About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in Pendidikan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Berhitung vs Pemahaman

  1. Setuju banget mas, Hanya sebatas berhitung bukan memahami. Izin share

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s