Apakah kamu lebih pintar dari anak kelas 4 SD?

Teka-teki 1

Andi dan Bapaknya sedang naik Motor. Di Tengah jalan mereka mengalami kecelakaan fatal. Sang Bapak meninggal dunia di tempat sedangkan Andi mengalami luka parah. Andi dibawa ke RS untuk mendapatkan pertolongan. Dokter yang memeriksanya terkejut melihat kondisi Andi lalu berkata ” Lha, Ini kan anak saya”

Siapa dokter tersebut?

Teka-teki 2:

Mamat adalah satpam yang bertugas menjaga rumah Bos besar di Malam hari.

Suatu pagi sang Bos hendak pergi ke bandara karena mau ke luar Negeri. Mamat menghampiri Bosnya kemudian berkata ” Bos, jangan pergi semalam saya mimpi pesawat Bos jatuh”

” benaran, kamu semalam mimpi itu?” Tanya si Bos.

Iya bos, malah beberapa kali saya ngimpi yang sama”  Ujar Mamat.

Kemudian Sang Bos mengeluarkan uang dari dompetnya sambil berkata ” Ini pesangonmu, kamu dipecat!!”

Mengapa Mamat dipecat?

Kedua teka-teki diatas saya berikan kepada anak-anak kelas 4 SD dan ternyata mereka mampu menjawabnya. Untuk teka-teki yang pertama, mereka mampu menjawab dengan cepat sedangkangkan teka-teki ke-2 mereka butuh waktu sekitar 15 menit untuk menjawabya.

Bagaimana apakah kamu mampu mejawab kedua teka-teki diatas? Jika tidak bisa waduh… malu dong ama anak kelas 4 SD 🙂

Sumber Gambar: thinkwonderteach.blogspot.com 

Advertisements

About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in Logika and tagged , , , . Bookmark the permalink.

16 Responses to Apakah kamu lebih pintar dari anak kelas 4 SD?

  1. aristo says:

    #1 Bapak angkat dan Ibu kandung/Ibu angkat, tidak disebutkan berapa dokter yang mengatakan itu jadi bisa disimpulkan seperti diatas.
    #2 Satpam ketiduran, terlalu berkhayal yang tidak tidak. Mengetahui Pihak Keamanan-nya melakukan kebodohan, si Bos memecat si satpam.

  2. sofia says:

    Teka teki 1 : dokter itu adalah ibunya andi
    Teka teki 2: Mamat adalah penjaga rumah bos besar…tetapi dia bermimpi pesawat jet bos nya jatuh…berarti dia itu tidur dong semalem bukan jagain rumah bos besar

  3. carmuzzz16 says:

    teka teki 1 : ibunya,krna bapak nya kan sudah meninggal karena kecelakaan
    teka teki 2 :karena satpamnya tidur bukannya krja,emang dsrnya aja satpamnya bodoh udah tau harusnya malem2 dia krja ehk mlh tidur
    ehk satpamnya mlh nyeritain mimpinya kemajikannya. ya sih satpam dipecat lah.
    karna dia tidak bertanggung jawab atas tugasnya untuk menjaga pd saat mlm hari.

  4. Asep Cepot says:

    1. Ibunya, karena yang mati kan bapaknya
    2. Si mamat beloon secara ga sadar dia nyeritain tidur malem kmaren, itu brarti si bos nganggep si mamat ga jaga malem kaga gawe.

    Just made simple

  5. Adi says:

    Nomor 2..Mamat tidur sih…

  6. royyan says:

    No. 1 saya bisa menjawab cepat bahwa dokternya adalah Ibu
    No. 2 saya lola karena kepikiran kasihan sama Mamat… Diprcat soalnya.

  7. smc says:

    menarik sekali!! ketika saya baca,teka teki no1, saya pun kebingungan karena tidak mungkin bapanya hidup lagi, hal tersebut terjawab ketika baca jawaban dr komentator pertama, alhasil saya baru terpikir bahwa dokternya adalah ibunya ,hal ini berkaitan dengan pola alur pikir manusia, dimana ketika diperhadapkan pada awal cerita yang dilihat adalah awal lagi yang dimaksudkan untuk menyelesaikan masalah padahal jawabannya dari luar cerita,keren. good luck, thx

  8. surya says:

    gan, mau tanya dong…
    Tentang menghitung mean?
    1. contoh soal pertama: Dalam suatu tim sepak bola, rata-rata tinggi 10 orang pemain adalah 165 cm. ketika penjaga gawang ikut bergabung rata-rata tinggi mereka naik 1 cm. Berapa penjaga gawang tersebut?

    rumus pertama:
    (Jumlah orang awal*mean awal + data orang terakhir)/ Jumlah orang akhir=mean akhir
    misal: data orang terakhir adalah x
    10×165+x/11=166
    1650+x=166*11
    x=166*11-1650
    x=176
    maka hasilnya untuk soal itu adalah 176 cm

    rumus kedua:
    data orang terakhir=selisih mean*jumlah orang akhir + mean awal
    misal: data orang terakhir adalah x
    x=1*11+165
    x=11+165
    x=176
    maka hasilnya juga 176 cm.

    2. contoh soal kedua:Berat badan rata-rata 10 orang siswa adalah 34,2 kg. Jika masuk seorang siswa baru, berat badan rata-rata menjadi 35 kg. Berat badan siswa baru adalah….

    rumus pertama:
    (Jumlah orang awal*mean awal + data orang terkahir)/ Jumlah orang akhir=mean akhir
    misal: data orang terakhir adalah x
    10*34,2+x/11=35
    342+x=35*11
    342+x=385
    x=385-342
    x=43
    maka hasilnya 43 kg.

    rumus kedua:
    data orang terakhir=selisih mean*jumlah orang akhir + mean awal
    misal: data orang terakhir adalah x
    x=0,8*11+34,2
    x=43
    maka hasilnya juga 43 kg.

    kok bisa sama y?
    minta persamaannya dong…

  9. bunga says:

    Wah saya nggak bisa jawab kayak anak kelas 4 Sd lebih pintar dari saya.salam kenal mas

  10. TEKA-TEKI 1. Dari perspektif psikologi gender:
    Terus terang saya kelamaan mikir waktu njawab pertanyaan nomer 1.
    Nah kalo ada yang masih lola kayak saya, kemungkinan menyangka dokternya laki-laki.
    Ternyata memang masih banyak persepsi yang mengkaitkan profesi tertentu dengan peran gender.
    Hahaha…
    Maap bang sat, aye numpang nyampah di mari.. 😀

    • Aria Turns says:

      Teka-teki itu saya ajukan ke 13 anak co kelas 4 sd.
      Saya jadi pensaran jika teka-teki itu saya ajukan ke anak ce kelas 4 sd, apa jadinya?
      Bisa buat penelitian psikologis tuch, apakah gender mempemgaruhi orang dalam menjawab teka-teki 🙂

  11. indra says:

    teka-teki 1 : ibunya
    teka-teki 2 : krn si satpam tidur saat tugas jaga malem, disuruh kerja kok malah tidur

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s