Google Calculator dan pembagian dengan Nol

Iseng-iseng pakai Google Calculator, ternyata saya mendapatkan kejutan. Menurut google calculator 1÷0= tak hingga. Saya coba bilangan lain 5÷0, 6÷0, 100÷0 hasilnya sami mawon tak hingga.

Mengapa ini bisa terjadi? Orang-orang Google seharusnya paham bahwa pembagian dengan nol (division by zero) itu tak terdefinisi bukan tak hingga.

Baiklah, saya cuman bisa berharap ada penjelasan dari Google, mengenai hal ini.

Advertisements

About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in Teori Bilangan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

10 Responses to Google Calculator dan pembagian dengan Nol

  1. Fajar says:

    Mau tanya, luas layang2 garis singgung 60 cm2, jika panjang jari jarinya 5 cm, lalu panjang garis singgung layang2nya brpa yach?

  2. Abdulloh says:

    mas, tanya. sebenarnya tak hingga itu ada atau engga sih…?

  3. msihabudin says:

    0^0 juga sama dengan 1. .
    Apa benar itu?

  4. Sigit says:

    Mas tetet…
    aku ini mau ngomen, tapi komentarnya udah ada di atas semua e 😐

  5. Jangankan google, saya bertanya dengan mahasiswa-mahasiswa jurusan matematika dimanapun ketika saya tanya suatu bilangan dibagi nol hasilnya berapa, mereka jawabnya tak hingga. Hal ini menurut saya karena kebiasaan sih, mungkin programmernya mengiranya seperti itu, toh pembagian dengan nol memang biasanya baru diketahui sejak SMA ketika kita belajar limit fungsi. mereka yang menjawabnya dengan pemahaman limit fungsi memang akan menjawabnya tak hingga karena suatu bilangan dibagi dengan bilangan yang sangat kecil sampai mendekati nol maka nilainya makin besar hingga mencapai tak hingga. Klo sejak SD kita belajar bahwa pembagian dengan nol itu tidak terdefenisi sih saya rasa mereka akan menjawab pembagian dengan nol tidak terdefenisi 😀

    • Aria Turns says:

      Kalau kita pakai limit, \lim_{x\rightarrow0}\frac{1}{x} juga tidak terdefinisi lho, karena nilai limit kiri dan kanannya berbeda. Secara sederhana 1÷0 tak terdefinisi karena kita mustahil membagi 1 permen kepada NOL anak. Sebenernya dalam matematika 1÷0 boleh saja hasilnya ∞ asalkan didalam Riemann sphere (yaitu sistem bilangan kompleks yag diperluas dengan memasukkan ∞). Bisa jadi sistem bilangan yang dipakai google adalah Riemann sphere. Itulah sebabya saya menunggu penjelasan dari Google.

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s