Perelman matematikawan yang menolak $1 juta

Seperti yang telah saya kabarkan, Grigory Perelman matematikawan jenius asal rusia mendapat Millennium Prize sebesar $1 juta. Saya baru aja dapat kabar, dia akan menolaknya, dia akan menolak uang $1 juta. Pada tahun 2006 dia juga menolak mendali Field, penghargaan tertinggi dalam matematika. Emang benar apa yang dikatakan banyak orang, kejeniusan dan kegilaan tipis bedanya.

———————————————————————————————————————————————-

**Ingin mendapatkan kaos unik bertema matematika silahkan kunjungi kaos.ariaturns.com**

Advertisements

About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in Tokoh and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to Perelman matematikawan yang menolak $1 juta

  1. Yari NK says:

    Mungkin jika dia menolak US$ 1 juta ada kemungkinan besar memang dia jadi populer. Bisa jadi dengan kepopulerannya itu dia bisa menghasilkan lebih dari US$ 1 juta walau tidak sekejap. Namun bisa juga tahun depan ia sudah dilupakan orang jika ia tidak terus-menerus membuat kejutan.

    Hmmm…. susah deh…. nggak tahu deh…. kalau saya sih saya terima US$ 1 juta itu, lalu dengan uang tersebut saya berusaha untuk lebih mempopulerkan diri saya sendiri lagi, entah dengan cara bagaimana yang jelas banyak yang bisa kita lakukan dengan US$ 1 juta tersebut untuk membuat kita menjadi lebih populer….

  2. Bibit Purnomo says:

    Jujur saja saya sangat …. sangat….meragukan sikap keras kepala Parelmann. Di balik sikapnya yang kekeuh menolak penghargaan itu, pasti sedikit banyak tersimpan di dalam pikirannya bahwa justru dengan cara seperti itu ia ingin menampilkan kepopulerannya lewat caranya yang aneh,nyentrik dan sedikit gila. Udah deh……..bukan rahasia lagi bahwa semakin jenius/pintar sesorang, semakin unik cara mereka menunjukkan kemampuan mereka. Bukankah pada dasarnya setiap manusia ingin diperhatikan? Tetapi saya juga tidak menafikan banyak ilmuwan yang benar-benar “apa adanya”. Parelman bagi saya over acting dan justru ingin mencari perhatian. Tapi saya tetap salut dengan kerja keras dan prestasinya. Nih orang emang jenius!!!!

    • Aria Turns says:

      Bukankah pada dasarnya setiap manusia ingin diperhatikan

      Mmm..sepemdapat denganmu, jadi menurutmu motivasinya menolak $1 juta dollar hanya untuk mencari popularitas?
      Saya yakin dia bakal lebih dikenal sebagai matematikawan yang menolak $1 juta dollar daripada prestasinya memecahkan poincare conjecture. Jelas menolak $1 juta dollar lebih menghebohkan dibanding memecahkan teaka-teki matematika
      semua orang tau seberapa besar $1 juta dollar itu tapi tidak semua orang bahkan matematikawan sekalipun paham apa itu poincare conjecture

  3. Herry Pribawanto S says:

    Perelman mengatakan
    ” The science (mathematics) is really pure, public, it’s not about money and awards ”

    ” I’m not interested in money or fame . I’m not a hero of mathematics. I’m not even that successful; that is why I don’t want to have everybody looking at me ”

    So menurut sy, di satu sisi dia memang “weird and crazy person”, tapi di sisi lain dia jg seorang “true mathematicians”

  4. Kalakay says:

    Dalam menentukan determinan matriks dikenal cara “Sarrus”. Kalo Mas Aria punya referensi tentang dia, mohon dijelaskan. Terimakasih!

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s