Ada yang mau ngejawab

Baru aja dapet coment dari Zhy, dia bertanya

Mas,mau tanya…
Gimana siy cara gampang belajar matematika?
Gimana cara asyik belajar matematika?
Metode belajar seperti apa yang enak untuk belajar matematika?
Hal-hal apa yang bisa bikin orang jadi suka belajar matematika?
Tolong dijawab ya…
Thx be4…

Boleh dibilang, apa yang ditanyakan adalah pertanyaan klasik yang sering ditanyakan orang mengenai Matematika. Jujur saya gak tau harus jawb apa, saya kalo belajar ya ngerjain soal-soal yang ada, baca catetan atau text book dan berusaha memahami isi-nya, nothing special. Kalo ada yang nanya ke saya

gmana cara belajar Matematika yang mudah, yang gampang, metodenya seperti apa. Waduh..i’m sorry strowberry saya juga gak tau. Mungkin pembaca ada yang tau? Kalau tau mohon tinggalkan komen

Terima Kasih.

 

 

———————————————————————————————————————————————-
**Ingin mendapatkan kaos unik bertema matematika silahkan kunjungi kaos.ariaturns.com**
Advertisements

About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in dll and tagged , , . Bookmark the permalink.

10 Responses to Ada yang mau ngejawab

  1. berapa hasil perbandingan 2/4 : 5/2

  2. Eka says:

    Kl wkt sd+smp+sma, matematika t mengasyikkan,karena seperti bermain2 saja.senang rasanya bs dpt jwban soalnya..entah knpa cara sy ni tdk brhsl utk biologi,bhsa,sosiologi,dkk

  3. Aria Turns says:

    @ semua:
    makaci..atas semua komennya 😉

  4. joe says:

    Ikut nimbrung nih…
    Biar bisa matematika, menurutku bisa dilakukan dengan cara2 berikut:
    1. Belajar sebagai proses mengalami, yaitu mengalami dengan terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran matematika, baik di dalam maupun di luar kelas. Hal ini akan menciptakan atau mendatangkan pengalaman khusus dari belajar matematika.
    2. Buat ”kata kunci” untuk setiap bagian yang dipelajari. Kata kunci ini akan memudahkan dalam mengingat kembali rumus, model matematika, maupun konsep-konsep matematika, sehingga memudahkan dalam belajar.
    3. Kerjakan! Mengerjakan adalah kunci utama untuk sukses dalam belajar matematika. Dengan mengerjakan kita mempunyai kesempatan untuk menunjukkan bahwa kita memang mengetahui, memahami dan mengerti tentang apa yang sedang kita pelajari.
    4. Ulangi materi yang sudah dipelajari sebelumnya dan tegaskan pada diri kita sendiri bahwa kita memang bisa, kita memang tahu dan kita paham mengenai materi tersebut.

    Semoga membantu…
    Salam,
    HJS

  5. kalau menurut saya belajar itu harus fun, so kalau kita tidak suka dengan mata pelajaran tertentu maka pelajaran tersebut akan sulit untuk bisa dimengerti walau dipaksakan sekalipun. Jadi hal pertama yang mungkin harus dilakukan adalah mencoba menghilangkan beban/perasaan tidak senang yang ada pada mata pelajaran tersebut.
    waktu sekolah dulu saya tidak senang dengan fisika, pada akhirnya saya mulai bisa pelajaran tersebut setelah saya berpikir secara positif ( saya mulai menghilangkan dalam pikiran saya bahwa fisika itu tidak menyenangkan ) walaupun bisanya saya di pelajaran itu belum optimal ( tapi paling tidak saya mulai bisa ).

  6. Vincentius Haryanto says:

    Hm…..Susah jawabnya….Karena tiap individu berbeda.
    Hanyaada satu benang merah, tapi tanyakan dulu pd diri anda :
    1. Apakah saya ingin bisa matematika…?
    2. Apakah saya siap mental belajar matematika…?
    Sikap yg dibentuk harus tepat dulu :
    1. Dengarkan apa guru terangkan, bertanyalah pd saat yg tepat
    2. Ulangi materi Math yg diperoleh di sekolah saat pulang sekolah, baik materi maupun latiahnnya / PR.
    3. Berusaha memahami, bukan mengerti saja…
    Buatlah pertanyaan yg anda buat dg jawaban yg anda inginkan….(Proses feed back)
    4. Jika masih blm mengerti, tanyakan pd guru ybs, asal jgn minta diterangin dari awal, ya….(guru jadi males meresponnya…)
    5. Bertanyalah pd hgal2 yg memng anda benar2 tidak mengerti…
    6. Latihan…latihan…dan latihan…(latih diri anda…) Latihan bisa anda cari di INternet, buku karangan orang lain (di luar text book sekolah), atau bisa minta ke saya….(www.vincentmath.wordpress.com / http://www.vincentstudycenter.blogspot.com). Saya usahakan menerangkannya lwt latiahn saya)
    7. Jgn pernah putus asa….
    Selamat mencoba…

  7. zakimath says:

    Sebenarnya matematika itu mudah dan menyenangkan bagi siapa saja. Hanya masalahnya karena metode pengajarannya yg masih belum tepat, dan anggapan bahwa “matematika itu susah” masih melekat kuat di masyakarat.

    Saran saya, belajarlah matematika dengan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari…

  8. hendry says:

    “Bagaimana saya bisa belajar matematika dengan ASYIK?” adalah suatu pertanyaan yang berasal dari DIRI SENDIRI..

    Matematika dapat termoticasi dari: Mengikuti mata pelajaran matematika, menonton film NUMB3RS, 21, BEAUTIFUL OF MIND, dan FILM yang lain sebagainya, memainkan games matematika, PUZZLE, komik detective CONAN, atau QED, dan komik-komik lainnya.. APAPUN CARA yang ditempuh dalam mewujudkan motivasi itu, namun apabila dalam DIRINYA tidak ada kemauan untuk menyukai matematika, artinya SEMUA ITU USELESS… Selama otak sudah diset untuk hal-hal selain matematika, maka sebaiknya tinggalkan saja pelajaran matematika, karena matematika itu tidak akan pernah bisa menjadi pelajaran yang mengasyikkan dalam kehidupan.

  9. Rudi says:

    mungkn memang perlu lingkungan belajar yang mendukung untuk belajar matematika.jadi misalkan kita menemui kesulitan, bisa langsung bertanya dengan yg lebih bisa tanpa canggung.

    yg lebih penting, memang ada kemauan dalam diri.pertama, bisa bertanya ttg pentingnya kenapa sy harus bisa matematika.apa gunanya.dan lain sebagainya.jadi, memang bisa dimulai dari filosofis “Why we must lear mathematics”.

    mungkn itu dulu.mungkn ada yg mau nambahin:)
    salam.

  10. mathematicse says:

    Mmmmm… sebetulnya, dalam beberapa artikel di blog saya, saya sudah berusaha menuliskannya secara implisit, lewat cerita-cerita yang saya buat (berdasarkan pengalaman saya tentunya. Cerita tentang si Tom dalam cerpen-cerpen/artikel-artikel di blog saya, terinspirasi dari kejadian nyata).

    Memang tidak ada jawaban mutlak atas pertanyaan-pertanyaan tersebut. Tergantung bagaimana individunya. 😀

    Ya udah gitu dulu, maaf nih masih sibuk ngurusi thesis he he he

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s