Plat B

Baca berita di kompas.com Nopol di Jakarta jadi 3 huruf. pada paragraf pertama tertulis

Jumlah kendaraan roda empat yang menggunakan nomor polisi (nopol) B semakin bertambah. Data yang dikeluarkan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, saat ini jumlah mobil mencapai tiga juta unit. Karena dua huruf di belakang angka nopol sudah habis dan tidak bisa dikombinasi lagi, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memberlakukan pelat nopol baru dengan tiga huruf untuk mobil keluaran tahun 2008.

Nah..yang jadi pertanyaan, berapa sich jumlah kombinasi nopol dengan 2 huruf dibelakang?

Kita itung bareng-bareng ya..

Jumlah kombinasi angka yang yang bisa dipake uadah jelas ada 9999 kombinasi nomer yang bisa dipake.

Sekarang kita hitung kombinasi 2 huruf nya. Dalam nopol, B 1234 AB dan B 1234 BA dianggap berbeda, jadi kita gunakan permutasi, jumlah huruf ada 26 maka

26P2=\frac{26!}{(26-2)!}=24\bullet25=650

ada 650 kombinsai huruf.

Tinggal kita kalikan kombinasi angka dan huruf diperoleh

650•9999=6.499.350

Ada 6.499.350 kombinasi

Pertanyaannya sekarang berapa jumlah kendaraan dijakarta?

Menurut data polda metro jaya hingga juni 2008 ada 9.104.686 unit

Jadi emang bener dah abis

Nah..kalo nopol 3 huruf ada berapa kombinasinya?

Nah tinggal kita itung

26P3=\frac{26!}{(26-3)!}=24\bullet25 \bullet26=15600

Kita kalikan ama 9.999 diperoleh

15.600•9999=155.984.400

Wow..ada 155.984.400 kombinasi

Nah..tinggal kita tunggu dech kapan kombinasi sebanyak itu akan habis

Foto diambil dari sini

Advertisements

About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in matematika diskrit and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

10 Responses to Plat B

  1. Aria Turns says:

    Iya anda benar jadi kombinasi huru yang bisa di pake untuk 2 huruf ada 26×26
    sedangkan untuk 3 huruf ada 26x26x26
    jadi kombinasi nopol untuk 2 huruf dibelakang ada 9999x26x26
    sedangkan 3 huruf dibelakang ada 9999x26x26x26
    dengan ini saya anggap sebagai ralat
    (jumlahnya berapa itung aja sendiri ya.. 🙂 )

  2. ” Sekarang kita hitung kombinasi 2 huruf nya. Dalam nopol, B 1234 AB dan B 1234 BA dianggap berbeda ”
    Mo nanya aja nih, kalau 2 huruf belakangnya sama boleh ngga, misalnya B 1234 AA. nah kalau begini maka jumlahnya pasti lebih banyak.
    benar ngga seeh

  3. Aria Turns says:

    #Matematika SMA
    Oh ya, emang, yang 1 digit, 2 digit, 3 digit ikut di itung..
    nah..sekarang clear kan

  4. Maksud saya 9000 itu untuk yang hanya 4 digit, soalnya ngasih contohnya kan 4 digit B 1234 AB. Tetapi kalau ternyata 1 digit, 2 digit, 3 digit ikut dihitung memang jumlahnya ada 9999.

  5. hendry says:

    Iya.. kalau ada 4 digit berarti ada 9999 kemungkinan, mulai dari 1 mpe 9999.

    1,2,3,4,5,…, 99,100,101,…,999,1000,1001,…,9998,9999.

  6. Aria Turns says:

    lha perhitungan 9 x 10 x 10 x 10 = 9000. itu dari mana? saya gak ngerti, kan secara intuisi nomer yang di gunakan di nopol anatara 1-9999, jadi jumlah nomer yang bisa kita pilih ada 9999

  7. Jumlah kombinasi angka yang yang bisa dipake uadah jelas ada ” 9999 ” kombinasi nomer yang bisa dipake.

    Kalau hitungan saya kayaknya cuma 9000, ini didapat dari 9 x 10 x 10 x 10 = 9000.
    Kalau angka nol dimasukkan pada bagian ribuan itu hanya akan menghasilkan angka ratusan.

  8. captaint says:

    saya suka dengan jakarta, kombinasi padat penduduk dan kemacetan bikin kota ini jadi asyik, apalagi polusi dari kendaraannya. kalau kalian tipe pekerja keras, ambisius, hedonis dan raja tega. cocok tinggal di jakarta. bener ngga sih

  9. Rudi says:

    pesen plat B 444 GUS bisa gk ya???:D

  10. Dino says:

    Berarti banyak banget ya kendaraan di Jakarta..

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s