Menghitung kelereng

Dua orang anak kelas satu SD bernama Samsul dan Arifin sedang belajar hitung-hitungan. Mereka punya 6 buah kelereng yang diletakan diatas meja.  Mereka menyusun ke-6 kelereng dalam 2 barisan tiap baris ada 3 kelereng

Samsul: ” wah..kelereng kita ada 6 ya”

Arifin: “ada 7 lagi..”

Samsul: ” ih, kamu ini gmana, kelerengnya ada 6, kamu gak bisa ngitung ya..”

Arifin: ” Coba kamu hitung mundur kelerengnya..”

Samsul: ” enem, lima, empat..” (menghitung mundur kelereng di baris ke-2)

Arifin: “Nah..sekarang itung maju…”

Samsul: “lima, enam, tujuh..” (menghitung maju kelereng dibaris pertama)

Arifin: ” nah..kan ada tujuh..”

Samsul: “Iya..ya ada tujuh ya, tapi perasaan kok ada yang aneh?”:

Hayo..dimana letak keanehannya? ada yang tau gak?

Untuk menjawabnya gak dibutuhkan rumus matematika, cukup menggunakan logika saja..

Advertisements

About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in teka-teki and tagged , , , . Bookmark the permalink.

20 Responses to Menghitung kelereng

  1. enak says:

    bingung tetek ku gatel

  2. aku tau kok caranya

  3. Vin says:

    coz tuh anak ngitungnya

    6-5-4-5-6-7

    mustinya

    6-5-4-4-5-6

  4. sarraw says:

    ya iyalah jadi 7..ngitungnya udah salah…malah kelerengnya bisa jadi 5..
    pas dihitung 6 5 4 3 4 5
    ..sama dengan kita menghitung 10 jari tangan kita dengan satu tangan saja

  5. hendry says:

    Aku coba jawab yach..

    Kesalahan terletak dalam cara menghitung..

    Jika 6 dipatok sebagai angka awal. Artinya, waktu kelereng pertama ditunjuk, seharusnya ditulisnya “5”. (Karena sudah dihitung 1 kelereng)

    Berarti: 5,4,3,4,5,6… Gituu…
    Jadi, menurut aku sih cocok:
    6-3 = 3 dan 3+3 = 6.

  6. Rudi says:

    trus jawabannya apaan nih? ada jawabannya gk??

  7. hendry says:

    Hmmm.. Hayoo pada bingung ya..??

    Hidoep bingung..!!

    Ha3….

  8. captaint says:

    secara garis bilangan si samsul melewatkan langkah dari 4 (waktu hitung mundur) ke 5 (waktu hitung maju). yak.. kalian tambah bingung. bagus!!!

  9. Aria Turns says:

    haha..justru itulah tujuan saya membuat blog ini, membuat orang lain bingung hehe..

  10. Dino says:

    Wah otakku dipermainkan sama Nursatria terus.. bingung nih hehe..

  11. Aria Turns says:

    nah..justru itu yang jadi pertanyaanya?
    kenapa bisa begitu?

  12. Rudi says:

    ralat:
    mksd gw knp pas diitung maju malah jadi 7

  13. Rudi says:

    Gw bingungnya knp pas diitung mundur jadi 7???
    itu gambarnya kelereng yg dikasih angka udah bener ya??

    masih bingung #@%$#%^$^%

  14. winky says:

    ahh..mas tetet ni ada2 aja, masak ngitung dibolak-balik gitu…

    Yang lebih aneh lagi, di komen no 4 itu kan ada namanya Samsul Arifin (1 orang) trus kalo di postingannya kan itu nama 2 orang yang berbeda, justru ini yang lebih bikin aku bingung..hahahaha

  15. sial, aku tampak bodoh di sini! mas tetet ada-ad aja nih.

  16. Aria Turns says:

    Lah masa gak ngerti rud,
    jumlah kelereng kan ada enam..
    tapi pas dihitung ulang oleh samsul jumlahnya tujuh..
    nah dimana letak kesalahannya?

  17. Rudi says:

    mksdnya gmn??bingung nih…hehe
    nunggu yg lain dulu:)

  18. hendry says:

    Sepertinya ada yang anehh…

    Oh aku tahu.. Pasti keanehannya terletak di otak anak itu… 😛

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s