Dolar yang hilang

3 orang mau nginep di hotel buat threesome, kata si resepsionis hotel harga sekamarnya 30$/semalam. Lalu  mereka patungan, 10$ perorang, beberapa saat kemudian menejer hotel sadar bahwa sebenernya harga tu kamar semalamnya 25$ jadi ada kelebihan 5$. Sang menejer kemudian menyuruh seorang roomboy tuk mengembalikan 5$ kepada 3orang tersebut, eh tapi dasar tu roomboy dari Indonesia maka ama si roomboy dikorup 2$, hanya mengembalikan ke tiga orang tersebut 3$ jadi tiap orang dapet 1$

Berarti tiap orang membayar 9$ untuk menginap semalam dihotel totalnya berarti 3×9=27$, si roomboy ngorup 2$, jadi 27+2=29$, nah lho trus kemana 1$ lagi??

Jawab:

Tu teka-teki udah gw dapet pas gw smp atau sma, awalnya gw bingung tapi akhirnya gw dapat pencerahan untuk menjawabnya

Perhatikan kalimat terakhirnya

“Berarti tiap orang membayar 9$ untuk menginap semalam dihotel totalnya berarti 3×9=27$, si roomboy ngorup 2$, jadi 27+2=29$, nah lho trus kemana 1$ lagi??”

Saya mengarisbawahi kata ngorup yang merupakan EYD (Ejaan Yang Dihancurkan 🙂 ) dari kata mengkorupsi, dan kita semua tau mengkorupsi artinya mengambil yang bukan haknya, dan yang namanya mengambil seharusnya dikurangi bukan ditambah. Jadi 27$-2$=25$ haraga sewa kamar semalamnya.

Coba dech baca kembali , pahami, resapi, dan nikmati  teka-teki tersebut. Harga sewa semalamnya 25$, tiga orang membayar 9$/orang totalnya 27$ ama si roomboy diembat 2$.

Nah gak ada yang aneh kan??

 

———————————————————————————————————————————————-
**Ingin mendapatkan kaos unik bertema matematika silahkan kunjungi kaos.ariaturns.com**

Advertisements

About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in teka-teki and tagged , , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to Dolar yang hilang

  1. Pingback: Dolar yang hilang | Free E-Book

  2. ardhi says:

    HHmmm i see… ayo semangat nulisnya semakin menantang ini teka-tekinya.

  3. Fira Potter says:

    Oalah… ternyata… bikin bingung awalnya. Ternyata… Bisa buat tebak2an ke temen2 niy!he5x… 🙂

  4. Dino says:

    Wahahha.. bikin aku bingung nih.. tapi setelah sadar, baru bisa ketawa..

  5. Ariaturns says:

    Yuo..setuju, saya aja masih kesulitan kok

  6. kesulitan banyak orang ketika berhadapan dengan soal matematika adalah menerjemahkan persoalan itu ke dalam persaamaan matematika. bukan begitu?

  7. Ariaturns says:

    Yup..cuman begitu aja, simple ya..

  8. aricloud says:

    Ya..Allah, ternyata begitu toh..
    daru dulu mikir gak ketemu jwbnnya
    cuma dulu sy dapet ilustrasinya :
    ada 3 orang beli kambing patungan 25.000=75.000
    ternyata harga tu kambing 70.000
    sisanya sama deh..dikorup 2000, sisa 3000 dibagi2
    so..24.000×3=72.000
    tambah 2000 = baru 74.000, 1000 lagi kemana?
    Halah…..ternyata

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s