Kenapa pangkat nol sama dengan satu

Ada yang tau gak kenapa

3^o=1

1001^o=1

atau secara umumya

a^0=1

Kita tahu bahwa

3^3\bullet 3^2=3^{3+2}=3^5

3^5\bullet 5^4=3^{5+4}=3^9

Pertanyaannya jika ada 3^p, dimana

3^3\bullet 3^p=3^3

3^5\bullet 3^p=3^5

berapa nilai p yang memenuhi?

Mari kita jabarkan

3^3\bullet 3^p=3^{3+p}=3^3

3^5\bullet 3^p=3^{5+p}=3^5

Maka bisa kita lihat nilai p yang memenuhi adalah 0, dengan kata lain 3^0=1

———————————————————————————————————————————————-
**Ingin mendapatkan kaos unik bertema matematika silahkan kunjungi kaos.ariaturns.com**

About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in Kenapa. Bookmark the permalink.

14 Responses to Kenapa pangkat nol sama dengan satu

  1. Carnisya Dwianggraeni Putri says:

    Carnisya Dwianggraeni Putri
    X IPS 1
    SMA KESATUAN BOGOR

    Ngomong-ngomong kata bapak tadi kl misalkan basisnya gk sama itu gk bisa di hitung pak. Tapi di atas ada 3pangkat5 • 5⁴ = 3pangkat5+⁴ = 3pangkat9. Itu kan basisnya gk sama. Atau kl pangkat 0 itu bisa dihitung walaupun basis nya beda?.

  2. rahmad says:

    Tidak sistematis pembuktiannya…

  3. Nurul Fitria says:

    bagaimana cara membuktikan semua yang berpangkat nol=1
    tolong dijawab ya pak??

  4. saya says:

    kalau 0^0 itu hasilnya sbnarnya tak derfinisi apa 1.. sih?? membingungkan… saya ketik di google hasilnya 1.. tp saya searching hasilnya tak terdefinisi

  5. Ca Ya says:

    pertama2 salam kenal dlu pak😀

    wow wow manteb banget,,semangat sy baca’a krn sy suka matematika ^o^/

  6. S. Harimurti Gunawan says:

    Sebaik baik orang adalah, orang yang bermanfaat bagi orang lain/masyarakat ……………

    Semoga kalimat bijak berikut ini, dapat menambah semangat (empowering) . . . . . . . . ,
    • Ketika aku memohon kepada Allah kekuatan, Allah memberiku kesulitan agar aku menjadi kuat, . . . .
    • Ketika aku memohon kepada Allah kebijaksanaan, Allah memberiku masalah untuk dapat kupecahkan, agar aku menjadi orang bijak, . . . .
    • Ketika aku memohon kepada Allah kesejahteraan, Allah memberiku akal untuk berfikir, agar menjadi sejahtera. . . . . . . . . . .
    • Ketika aku memohon kepada Allah keberanian, Allah memberiku kondisi bahaya untuk kuatasi, . . . . . . . .
    • Ketika aku memohon Allah sebuah cinta, Allah memberiku orang orang bermasalah untuk kutolong, .. . . . . . . .
    • Ketika aku memohon kapada Allah bantuan, Allah memberiku kesempatan . . . . . . .
    Aku tak selalu menerima semua yang aku minta, tapi aku selalu menerima segala yang aku butuhkan,
    Doaku terjawab sudah

    Imam Ali bin Abi thalib as.

  7. Aria Turns says:

    Oh..itu cumana salah ketik doang udah saya perbaiki

  8. randy says:

    kok 2+p=3 sedangkan 5+p=5 ??

  9. randy says:

    kok 2+p=3 sedangkan 5+p=5???

  10. Ariaturns says:

    makasih mba, udah di revisi

  11. lydia says:

    ada yg salah ketik ntu…
    ding

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s