Kenapa perkalian dengan nol hasilnya selalu nol??

Tadi saya bimbimbingan skripsi, dosen bimbingan saya bertanya

kenapa x•0=0??

Saat itu saya gak bisa menjawabnya, lalu dosen bimbingan saya tersebut menyuruh saya mencari jawabannya. Di perjalanan pulang menuju kost, saya mendapat ilham jawaban pertanyaan tersebut.

Pembaca pasti juga pengen tau kenapa semua bilangan jika dikalikan dengan nol hasilnya selalu nol?

Sekarang ambil sebarang bilangan x dan y, contohnya x=100, y=75 pokoknya sebarang asalkan x dan y bukan nol

Sekarang perhatikan ya:

(x•y)—(x•y)=0

Karena dalam perkalian berlaku hukum distributif maka diperoleh

x•(yy)=0

Akhirnya kita dapet

x•0=0

Nah sekarang ngertikan kenapa perkalian dengan nol hasilnya nol? atau malah bingung.. :mrgreen:

Catetan: Sebenarnya yang ditanyakan dosen saya tersebut adalah, kenapa x•0=0 dengan x dan 0 elemen lapangan. Apa itu lapangan dalam matematika? tunggu penjelasan dari saya :D

About Aria Turns

Seorang Alumnus Matematika UGM, dengan ilmu yang didapat ketika kuliah (Padahal sering bolos kuliah :p ), saya menyebarkan virus matematika
This entry was posted in Kenapa, Teori Bilangan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

16 Responses to Kenapa perkalian dengan nol hasilnya selalu nol??

  1. Yadin says:

    Aku paling susah blajar math.

  2. Dedi says:

    ok juga tuh
    mas gue mau tanya , boleh kan
    kenapa ya pada operasi hitung campuran , perkalian dan pembagian harus lebih dahulu dikerjakan dari pada penjumlahan dan pengurangan

  3. Aria Turns says:

    @Jefry
    Wah..maaf gak ada

  4. jefri says:

    kang bisa minta referensi mengenai aljabar matriks….lw bisa yang pdf ma power point

    jematik.blogpotcom

  5. jefri says:

    masih bingung kang

  6. Aria Turns says:

    @ratih
    maaf mbak, gak ada

  7. ratih says:

    mZ..

    ada soal tentang aplikasi deret taylor di kehidupan sehari-hari gag??

    pusing nh..

    bingung jg…

    mohon bantuannya…^-^

  8. captaint says:

    mungkin kalo untuk orang awam seperti saya ini, perkalian dengan nol itu ibarat “berapa jarak yang kita tempuh kalo kita berjalan di tempat?”

  9. Karena yang dikalikan ‘ga ada’ :)

  10. hendry says:

    Aksioma apa lagi thu… Buset deh.. Padahal kupikir lambang “dot” itu adalah lambang kali biasa.. Binun aku..

  11. winky says:

    Sapa yang suruh ngebuktikan???Makanya di komen ku yang pertama aku nanya “-(x*y) itu invers dari (x*y) y???”Itu maksudku…

    Lagian sebelumnya kan g mengatakan apapun juga tentang operasi biner, aksioma grup, dll..kan???makanya aku bilang kayaknya kurang lengkap…

    Hehehe…lagian ini juga mungkin cuma perasaanku aja kok….

  12. Aria Turns says:

    lha kan kalo elemen dipasangkan dengan inversnya pada opersi biner penjumlahan hasilnya kan nol, itu kan aksioma jadi gak usah kita buktikan…

  13. winky says:

    hahaha…emosi ya mas tetet???

    Lagian sapa yang bilang salah??kan aku cuman bilang KAYAKNYA kurang lengkap…

    Iya sih mungkin gitu juga dah bener, tapi bayangkan kalo pertanyaanya jadi gini: “trus kenapa (x•y)—(x•y)=0??”
    Sementara, anda kan belum menjelaskan tentang struktur2 aljabar yang susah2 itu…

    Tapi just IMHO aja lo ni..saya juga g ngerti..hehehe

  14. hendry says:

    Ampyuuun kakakk… :P

  15. Aria Turns says:

    Belagu lo, mentang2 dah lulus..
    itu dah bener coba baca lagi

  16. winky says:

    abstract algebra ya???hehehe, its so last year for me…:P

    kaeknya ada yg kurang de pnjelasannya….maksudnya -(x*y) itu invers dari (x*y) y??? ;)

Silahkan, tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s